Analisa Pengaruh Head (Tinggi Jatuh Air) Terhadap Putaran Pompa Pada Turbin Pelton Skala Laboratorium

Muhammad Taufan, Yafid Effendi

Abstract


Turbin pelton adalah salah satu jenis pembangkin listrik tenaga micro hydro yang dikembangkan di Indonesia dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang ada pada air untuk diubah menjadi energi listrik. Dalam skema kerja turbin pelton memerlukan dua hal, yaitu debit air dan tinggi jatuh air (head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan. Maka dari itu, bahwa kenaikan daya dipengaruhi oleh tingginya head dan debit air yang banyak, semakin banyak debit air yang keluar dari nozzle maka semakin besar juga tegangan listrik yang dihasilkan oleh turbin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh head (ketinggian jatuh air) terhadap putaran pompa pada turbin pelton skala labolatorium dan untuk mengetahui head effective yang dibutuhkan agar turbin pelton dapat bekerja dengan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen yaitu dengan pengambilan data dan uji coba. Hasil penelitian ini menunjukkan semakin tinggi head acctual dan debit air yang digunakan maka akan semakin besar pula head effective, debit air, daya turbin dan daya listrik yang dihasilkan. Pada variasi head actual 5 m sd 5,5 m dengan rentang 0,1 terhadap head effective, debit air, daya turbin dan daya listrik. Hasi tertinggi terjadi pada Head Actual maksimum yaitu 5,5 meter dengan Head Effective 3,67 meter menghasilkan debit air 0,004374 m3/s, daya turbin 125,85 Watt dan daya listrik 113,27 Watt.


Keywords


Pembangkit listrik, Turbin Pelton, Head, Daya turbin

Full Text:

PDF

References


Ahmad Samil Mubarok, dkk. Pengaruh Berat Bucket Terhadap Putaran dan torsi Pada Turbin Pelton. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

Arif Muliawan, Ahmad Yani. Analisis Daya dan Efisiensi Turbin Air Akibat Perubahan Putaran Runner. Jurnal Teknik, Universitas Trunajaya Bontang.

Ceri Steward Poea, dkk. Perencanaan Turbin Air Mikro Hidro Jenis Pelton Untuk Pembangkit Listrik di Desa Kali Kecamatan Pineleng Dengan Head 12 Meter. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Dwi Irawan. Prototype Turbin Pelton Sebagai Energi Alternatif Mikrohidro di Lampung. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Metro.

Ferdinandus Balu Zei. Karakteristik Daya Turbin Pelton Skala Mikro Dengan Variasi Bentuk Sudu ipa Elbow 90˚ Dengan Diameter 1/2" dan 3/4". Jurnal Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Jember.

Hadimi, dkk. Rancang Bangun Model Turbin Pelton Mini Sebagai Media Simulasi/Praktikum Mata Kuliah Konversi Energi dan Mekanika Fluida. Jurnal Teknik Mesin, Politeknik Negeri Pontianak.

Hery Irawan, dkk. Analisis Performansi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air Jenis Turbin Pelton Dengan Variasi Bukaan Katup dan Beban Menggunakan Inverter. Jurnal Teknik Mesin, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Himran Syukri. 2017. Turbin Air-Teori dan Dasar Perencanaan. Yogyakarta; Andi

https://www.cink-hydro-energy.com/id/turbin-air-crossflow. Diakses 27 Juni 2020 pukul 15.15.

https://www.wikipedia.org/wiki/Turbin_air. Diakses pada 28 Juni 2020 pukul 09.15.

Ir. Rahmad Samosir, MT. Pengaruh Jumlah Nozzle Pada Turbin Pelton. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Kristen Indonesia.

Jasa Lie. dkk. 2017. Mikro Hidro. Yogyakarta; Teknosain.

Lukman Susanto, dkk. Perancangan Turbin Pelton Skala Piko Hidro Kapasitas 1 kW. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Maridjo, dkk. Rancang Bangun Turbin Pelton Mikrohidro. Jurnal Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bandung.

Muhammad Saleh Simamora. Perancangan Alat Uji Prestasi Turbin Pelton. Jurnal Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian.

Paryatmo Wibowo. 2007. Turbin Air. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Surianto Buyung. Analisis Pengaruh Tinggi Jatuh Air (Head) Terhadap Daya Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro Tipe Turbin Pelton. Jurnal Teknik Mesin, Politeknik Katolik Saint Paul Sorong.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v12i2.10125

Article Metrics

Abstract - 130 PDF - 103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2