PENGOLAHAN DATA SISWA KURANG MAMPU SDN TANAH MERAH 1 SEPATAN TIMUR BERBASIS WEB

Faridi Faridi, Joko Hardono, Rohmat Taufiq, Muhammad Ikhsan Hafianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi pengolahan data siswa kurang mampu di SDN Tanah Merah 1. Sistem informasi ini dibangun untuk membantu mempermudah pengolahan data siswa kurang mampu, sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada pihak terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, wawancara, dan pengumpulan data. Data-data siswa kurang mampu dikumpulkan dan diolah menggunakan sistem informasi yang telah dikembangkan. Serta meliputi Metode Analisa Sistem yang dilakukan dengan menggunakanMetodestrengths(kekuatan) weaknesses(kelemahan), opportunities(p eluang),dan threats(ancaman) (SWOT) dan Pengembangan Sistem menggunakan prototype. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi pengolahan data siswa kurang mampu dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengolahan data, serta memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pihak sekolah. Implementasi sistem informasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan data siswa kurang mampu secara lebih efisien dan akurat, sehingga dapat mendukung upaya dalam memberikan bantuan dan perhatian yang lebih baik bagi siswa kurang mampu di SDN Tanah Merah 1. Selain itu, sistem informasi ini juga dapat menjadi referensi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengembangkan sistem informasi pengolahan data yang serupa.

 


Keywords


Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengolahan data, SWOT, Prototype, SDN Tanah Merah 1

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Faridi, F., Herdiansah, A., Priyanggodo, D. Y., & Yogi, M. (2023). Pengembangan executive information system acara jum’at, sabtu dan minggu PT. Tndomarco prismatama. jika (jurnal informatika), 7(2), 241-247

Hadi, S. M., & Samad, A. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Bantuan Beasiswa Siswa Miskin (BSM) Pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 2(1), 1-10.

Kusnendi, M. S., & Modul, M. S. (2014). Konsep Dasar Sistem Informasi. Konsep Dasar Sist. Inf, 1-36.

Maria, S., & Muawanah, I. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Pada Sd Negeri 164 Pekanbaru. Jurnal Intra Tech, 2(2), 27-41.

Rahayu,AF., Hernawati,T., Lestari,S., Hardono,J.,(2024). SWOT analysis dan quantitative srategic planning matrix dalam peningkatan penjualan kap lampu pada CV. Salve Jaya.

Sumarto, S., & Suryahadi, A. (2019). Analisis Kemiskinan di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Jakarta: LP3ES.

Setiyowati, A., Ramadhani, L. A., & Amin, M. K. (2019). Sistem pendukung keputusan menentukan penerima beasiswa kurang mampu menggunakan metode profile matching. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.26877 /jiu.v5i1.3681

Sari, E. P., Wahyuni, A., & Narti, N. (2019). Sistem informasi Sekolah.

Taufiq, R., Heriyanto, H., Destriana, R., Faridi, F., & Nurnaningsih, D. (2023). Perancangan sistem informasi penjualan roti kurni bakery berbasis web menggunakan metode waterfall. jika (Jurnal Informatika), 7(3), 292-298.

Yunita, Y., & Santoso, P. B. (2019). pengolahan data siswa kurang mampu menggunakan metode support vector machine. Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 1-7.

Yuni Sugiarti, (2013). Analisis & Perancangan UML (Unified Modelin Language), Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v13i1.11101

Article Metrics

Abstract - 25 PDF - 18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2