PENGAMANAN TEKS MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA RSA DENGAN VERIFIKASI REALTIME BIOMETRIK MENGGUNAKAN OPENCV

ANGGA ADITYA PERMANA

Abstract


Penelitian tentang model pengamanan teks yang dapat digunakan sebagai salah satu instrumen sistem pengamanan teks. Adapun prinsip pengamanan dokumen khusunya teks ini adalah bagaimana sistem dapat mengamankan proses penyimpanan dan pengirimannya. Mula-mula teks dalam bentuk teks dienkripsi. Sehingga teks tersebut tidak dapat dibaca oleh siapapun.  Karena teks telah berubah menjadi susunan huruf yang teracak. Dokumen yang susunan hurufnya telah teracak tersebut jika ingin dibaca oleh pemilik dokumen, maka dokumen tersebut harus dibuka dengan dekripsi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode RSA, dimana metode tersebut menggunakan perhitungan matematika yang rumit dan disertai dengan kunci pengaman awal (private key atau public key) sehingga amat sulit untuk ditembus oleh orang yang tidak berkepentingan, adapun tanda tangan digital yang digunakan sebagai kunci alternatif disamping kunci private dan kunci publik. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode login dan metode verifikasi wajah realtime biometrik pengenal wajah sebagai bentuk validasi keamanan lanjutan menggunakan OpenCV library. Sistem ini dibangun menggunakan perangkat lunak Android Studio 3.0 dengan bahasa pemprograman Java. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa sistem dapat meliki fitur-fitur yang telah disebutkan sebagai dinding keamanan berlapis. Mengenkripsi dan mendekripsi dengan verifikasi biometrik (wajah) yang telah direkam dan disimpan oleh aplikasi secara realtime untuk membuka aktifitas RSA guna melakukan proses enkripsi dan dekripsi

Full Text:

PDF

References


Analisis dan Perancangan Aplikasi Kriptografi Keamanan File Berbasis Teks Dengan Menggunakan Metode RSA. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Vol. 1 Nomor 2, April 2017 dengan nomor e-ISSN: 2541-1330 p-ISSN: 2541-1322.

Penyembunyian pesan rahasia yang terenkripsi menggunakan algoritma RSA pada media kompresi. Jurnal Teknik POMITS Vol2, No.1, (2013), IISN: 2337-3539 (2301-9271).

Kriptografi pada file Dokumen Microsoft office menggunakan metode RSA. Jurnal computer Program Studi Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Ma-lang, 2005.

https://github.com/ayuso2013/facerecognition (2018)

https://questdot.com/android-rsa-encryptdecrypt-message-tutorial/ (2018)

Permana, A.A, 2016, Model Layanan Informasi Lokasi Masjid di Wilayah Kota Tangerang Menggunakan Perangkat Bergerak (Mobile Device), Jurnal Teknik, Vol 5, No 1 (2016), ISSN 23028734




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v7i2.1352

Article Metrics

Abstract - 1727 PDF - 1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.