ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI PASAR SORE PURIJAYA TANGERANG DENGAN METODE SWOT

Sri Lestari

Abstract


Kesan yang kumuh, kotor dan bau masih melekat dengan pasar tradisional tersebut. Namun sangat disayangkan oleh pengelola pasar tersebut banyaknya konsumen yang berbelanja untuk tingkat kepuasan pelanggan yang berbelanja ke pasar tersebut kurang diperhatikan. Nilai CSI dan analisis SWOT, untuk mengetahui formulasi strategi dalam meningkatkan nilai indeks kepuasan pelanggan. Pada atribut emphaty hasil dari penyebaran kuisioner customers statisfaction index (CSI) mendapatkan skor paling kecil, sehingga sangat diperlukan perhatian khusus. Nilai CSI yang didapatkan sebesar 78% masih dapat ditingkatkan dengan menggunakan strategi perbaikan manajemen pengelolahan pasar, penyediaan sistem keluhan pelanggan, pembuatan sistem e-commerce marketplace dan sistem delivery order.

Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya. (2014). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Basri, Hasan. (2013). Survey Kepuasan Pelanggan Terhadap Pasar Tradisional Kota Medan. Jurnal, Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan, Medan Fahmi, Irham. (2013). Manajemen Kinerja: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.

Winarni, Sidarto dan Pohandry. 2013. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis Serta Service Quality. Jurnal Rekavasi, Vol.1 No.1, Desember 2013, pp. 21-29

Verawaty, Irmeilyana, Maiyanti. 2009. Aplied Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) to Know Student Satisfaction Level of Sriwijaya University Library Service. Jurnal, Jurusan Matematika FMIPA Unsri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v7i2.1361

Article Metrics

Abstract - 1802 PDF - 2074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.