ANALISIS BIAYA OPERASI KENDARAAN DI WILAYAH TANGERANG DENGAN METODE PACIFIC CONSULTANT INTERNATIONAL

Sri Nuryati

Abstract


Kota Tangerang merupakan salah satu wilayah perkotaan di Jabodetabek yang padat lalu lintasnya dimana jumlah kendaraan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini  akan menyebabkan terjadinya penurunan tingkat pelayanan jalan yang disebabkan oleh kemacetan lalu lintas terutama pada jamjam sibuk. Penurunan tingkat pelayanan jalan berpengaruh terhadap besarnya biaya operasional kendaraan (BOK), terutama dalam hal pemborosan bahan bakar dan waktu perjalanan menjadi lebih lama. Pengembangan beberapa metode telah dilakukan untuk menghitung besarnya BOK, analisis model HDM-4 RUE mempunyai parameter yang lebih banyak di bandingkan metode lainnya, tetapi kecepatan kendaraan  lebih signifikan dalam perhitumgan BOK.  Pada penelitian ini analisis BOK dihitung  menggunakan metode PCI (( Pacific Consultant International, Inc ). Hasil analisis BOK di wilayah Kota Tangerang pada kecepatan rata-rata kendaraan 25 km/jam untuk jenis kendaraan mobil penumpang ( Car ) sebesar Rp. 1.973.585,-/1000km, kendaraan Utility sebesar Rp. 1.359.127,-/1000km, S m a al B u s sebesar Rp. 4.07.054, L a r g e B u s sebesar Rp. 5.076.54,-/1000km, Light Truck sebesar Rp. 3.815.392,-/1000km dan Heavy Truck adalah sebesar Rp. 6.464.542,-/1000 km.

Full Text:

PDF

References


Bennett R. Christopher, 2003,

Modelling Road User and Environmental Effect in HDM - 4 RUE . Volume 7, The University of Birmingham Edgbaston, United Kingdom.

Bertha Maria dos Santos, 2011, Journal V e hicle O p e r a tin g , A c cid e n t a n d U s e r Time Costs in Pavement Management S y s t e m s : A p p r o a c h f o r P o r t u g u e s e Conditions , Volume 5, No. 8 (Serial No. 45), pp. 723-731

Bina Marga Dep. PU, 1995,

Perhitungan Biaya operasi kendaraan (BOK) untuk j ala n p e r k o t a a n di Indonesi a, Indo n e sia n Hig h w a y C a p a cit y M a n u al (IHCM) Pd T-15-2005-B Jakarta

Bina Marga Dep PU, 1997, Manual Kapasi

tas Jalan Indonesia , Jakarta.

Hamidi, G.W., Ariany, F., Kwintaryana, W., 2013, Jurnal Analisis Biaya Perjalanan Akibat Tundaan Lalu Lintas (Studi kasus: Ruas Jalan dari Persimpangan Jl. I Gusti Ngurah Rai-Jl. Perum Griya sampai Persimpangan Jl. I Gusti Ngurah Rai–Jl. Siligita), Universitas Udayana Bali.

Lembaga Afiliansi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB, 1996, Laporan Akhir Studi Perhit ungan Biaya Operasi Kendaraan – PT. Jasa Marga , ITB Bandung.

Rosid, H., 2006, Tesis Effisiensi Rencana Fly O v e r K alib a n t e n g K o t a s e m a r a n g dalam Mengatasi Kemacetan Dari Sisi Pengguna, Universitas Diponegoro Semarang.

Silvia, S., 1999, Perencanaan Geometri k Ja lan Raya , Bandung

Supardi, 2013,

A plik a si S t a tik a D ala m P e n elitia n K o n s e p S t a tis tik a y a n g le bih Komprehensif , Jakarta

Tamin, O.Z. 2000.

Perencanaan dan Pemo delan Transportasi, ITB, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v3i2.1382

Article Metrics

Abstract - 1255 PDF - 3280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.