Perencanaan Beton Mutu Tinggi (Kuat Tekan Besar ) dengan bahan Tambahan

Almufid .

Abstract


Beton adalah element yang digunakan sebagai struktur dalam konstruksi teknik sipil yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Dalam teknik sipil struktur beton digunakan untuk  bangunan pondasi, kolom, balok, plat/plat cangkang.  Beton dikategorikan mempunyai mutu tinggi jika kuat tekannya 30 Mpa. Pada tahun 1960-1970, kriterianya naik menjadi 40 Mpa. Saat ini beton dikatakan sebagai beton mutu tinggi jika kuat tekannya diatas 50 Mpa dan diatas 80 Mpa adalah beton dengan mutu sangat tinggi (supartono, 1998) pada tahun 1980an beton mutu tinggi banyak digunakan untuk bangunan tingkat, terutama untuk element struktur kolom.

 

Didalam beton , agregat mempunyai peran penting yaitu 60% - 80% , dari volume beton, dari segi ekonomis  harga agregat lebih rendah dibandingkan dengan PC, namun agregat terlalu banyak menyebabkan pasta cemen tidak mampu menyelimuti dan mengisi atau merekatkan seluruh permukiman butiran agregat.

 Beberapa cara meningkatkan kinerja beton menjadi beton bermutu tinggi dan berkinerja tinggi  adalah  Mengurangi porositas beton dengan cara mengurangi air dalam adukan beton ,Menambahkan aditif mineral seperti silicafume atau abu terbang ,Menambahkan serat (beton berserat), Beton dengan pemadatan mandiri (self compacting concrete)

Kata Kunci: Beton, Kuat Tekan, Beton bermutu Tinggi

Full Text:

PDF

References


Supartono, FX - Beton Mutu Tinggi , UI – Press 2010

Anonim, CIP 33 – High Strength Concrete, National Ready Mixed Concrete Association., 2010

Kosmatka, Steven H., Kerkhoff, Beatrix, dan Panarese, William C., 2003., Design and Control of Concrete Mixture.,Portland Cement Association, Illionis.

Mehtar, P. Kumar, dan Monteiro, Paulo J.M., 2006., Concrete – Microstructure, Properties and Materials, 3rd edition., McGraw-Hill, New York.

Civil Engineering Portal, http://www.engineeringcivil.com/, portal khusus untuk teknik sipil.

Kartini, Wahyu, 2002,

“Pengaruh Copper Slag sebagai Cementitius terhadap Kuat Tekan pada beton”,




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v1i2.1454

Article Metrics

Abstract - 1337 PDF - 2428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.