ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS RESIN ABC MENGGUNAKAN SIX SIGMA DI PT. PARDIC JAYA CHEMICALS

Tri Candra Widodo

Abstract


Perkembangan teknologi di dunia bisnis dan perdagangan membuat persaingan menjadi ketat dan tajam. Dalam usahanya untuk memenuhi  kepuasan konsumen  yang makin tinggi, maka perusahaan harus dapat menentukan faktor kualitas yang diminta oleh konsumen, selain faktor harga, design, dan faktor lainnya.Salah satu metode yang dapat dilakukan perusahaan untuk selalu meningkatkan kualitas produksi adalah dengan menggunakan metode Six Sigma. Six Sigma merupakan pengendalian kualitas yang targetnya yaitu 3,4 DPMO atau  3,4 cacat per sejuta kesempatan. Dengan adanya target six sigma yang 3,4 DPMO maka dapat dikatakan realitas untuk dapat dicapai dari pengendalian kualitas yang berdasar pada zero defect. Pengendalian kualitas yang dipakai dalam penelitian  ini menggunakan pendekatan six sigmadengan metodologi DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control), yang dilakukan di tiap proses produksi tetapi sebelum melaksanakan pengendalian kualitas dengan metode sixsigmaperlu adanya rencana agar pelaksanaan  six sigma dapat sukses diterapkan.Pengendalian kualitas dibutuhkan PT. Pardic Jaya Chemicals untuk tetap menjaga proses produksi menjadi aliran proses yang kuat dan handal sehingga  pencapaian level sigma sebesar 3,46 dan DPMO sebesar 25514,4 dapat lebih ditingkatkan serta tidak ada lagi hasil produksi yang cacat atau dengan kata lain tidak ada lagi kerugian bagi perusahaan karena produk cacat.

Kata kunci       :Teknologi, Six Sigma, DPMO,zero defect, DMAIC(Define, Measure, Analyze, Improve, Control)


Full Text:

PDF

References


Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Evans, J.R. & Lindsay, W.M. (2007). Pengantar Six Sigma AnIntroductionto Six Sigma &ProcessImprovement.Singapore: South Western.

Pande, P.S., Neuman, R.P., &Cavanagh, R.R. (2000). The Six Sigma Way.NewYork: McGraw-HillCompanies.

Hendradi, C.T. (2006). Statistik Six Sigma dengan Minitab. Yogyakarta: Andi Offset.

Pzydek, T. (2003).The Six Sigma Handbook. New York: McGraw-HillCompanies.

(Dari Buku)

Sudianto, M.D. (2008). Penggunaan Metode Six Sigma dalam Perencanaan Pengendalian Kualitas pada U.D.Global Info Media di Ungaran, Skripsi, Jurusan Manajemen FE Universitas KatholikSoegijapranata, Semarang

(Dari Skripsi)

Vitho dkk. (2013). Aplikasi Six Sigma untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kecacatan produk Crumb Rubber SIR 20 pada PT. XYZ, DMAIC-FMEA, Kecacatan kadar PRI sebesar 70,42%.

Hariri dkk. (2013). Penerapan metode Six Sigma sebagai upaya perbaikan untuk mengurangi Packdefect susu Greenfields (Studi kasus pada PT. Greenfield Malang),DMAIC-FMEA, RPN terbesar pada mesin filling yaitu 320.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v1i2.1459

Article Metrics

Abstract - 1187 PDF - 1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.