ANALISA PERBAIKAN PRODUKTIVITAS MENGGUNAKAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVINESS (OEE) PADA MESIN FILLING DENGAN PENDAKATAN SIX BIG LOSSES UNTUK MENCARI PENYEBAB LOSSES TERTINGGI PADA PRODUKSI SKINCARE STUDI KASUS PT XYZ

Bambang SW

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik yang tujuan utama menginginkan target produksi yang direncanakan dapat terpenuhi dengan baik. Akan tetapi karena faktor yang memiliki persentase terbesar dari faktor six big losses adalah reduce speed (34,92%) dan breakdown losses (32,08%) yang bisa menghambat proses produksi sehingga pencapaian target produksi masih jauh dari harapan. Selama periode Maret- November 2017 di peroleh nilai OEE  (62,54% - 77,83%), availability ratio  ( 76,28 % - 85,70%), performance efficiency  (83,23 %-99,24%) dan rate  quality product  (93,11%-97,09%). Nilai OEE tertinggi pada bulan September  sebesar 77,83 %. Dan nilai OEE terendah pada bulan April 2017 (62,54 %). Tingkat kapabilitas yang diproses yang dihasilkan bernilai 0,588 yang bearti bahwa kapabilitas proses rendah, sehingga perlu ditingkatkan performansinya melalui proses perbaikan. Kajian kondisi apa saja yang dapat diperbaiki dengan menggunakan 5W+1H. Apa yang telah dilakukan di  PT. XYZ diharapkan dapat menjadi langkah awal peningkatan efektifitas mesin yang nantinya akan sampai pada penerapan Total Productive Maintenance.


Full Text:

PDF

References


Baroto, T. 2003. Pengantar Teknik Industri.Universitas Muhamamadiyah Malang: Malang.

Betrianis dan Robby Suhendra . 2005. Pengukuran nilai overall equipment Effectiveness sebagai dasar usaha perbaikan Proses manufaktur pada lini produksi(studi kasus pada stamping production division sebuah industri otomotif) JURNAL TEKNIK INDUSTRI VOL. 7, NO. 2, DESEMBER 2005: 91- 100. Tersedia pada :

Dani, D. 2012. Usulan Perbaikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi Mesin Fin Forming Dengan Menggunakan Metode Efektifitas Seluruh Peralatan (OEE) Di PT. XYZ. Skripsi S1, Universitas Guna Darma : Jakarta.

Delia et al. 2014. Usulan Peningkatan Efektivitas Mesin Cetak Manual Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) (Studi Kasus Di Perusahaan Kerupuk TTN) Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Nasional (Itenas): Bandung. Tersedia pada :

Diandra et al.2016. Analisa total productive maintenance terhadap produktivitas kapal/armada menggunakan metode overall equipment effectiveness pada pt. Global trans energy international 9, No 1, February 2016.

Eka I’mal Maulana, TB. 2012. ”Usulan penerapan TPM dengan Menggunakan metode OEE untuk meningkatkan produktivitas mesin Vapour Phase Drying Oven di PT. Unitec Indonesia. Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal : Jakarta.

Ika, Dyah Rinawati dan Nadia Cynthia Dewi . 2014. Analisis penerapan total productive maintenance (tpm) Menggunakan overall equipment efectiveness (oee) dan six big Losses pada mesin cavitec di PT. Essentra surabaya. Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Tersedia pada :

Iswardi dan M.Sayuti. 2016. Analisis Produktivitas Perawatan Mesin dengan Metode TPM pada mesin Mixing section. Tersedia pada :

Karim, Achmad Jamaludin Abdul. 2016. Usulan perbaikan untuk meningkatkan efektifitas mesin pressing race gap steering dengan menggunakan oee (overall equipment effectiveness) pada bagian assemblingdi pt.suzuki indomobil motor.Jurusan teknik industri.Fakultas teknik universitas muhammadiyah jakarta .:

Nakajima, S. 1988. Introduction to TPM. Cambridge, Productivity Press.

Ni made Sudri, Amalia mareti. 2012. Analisis Produktivitas menggunakan OEE pada PT XYZ. Vol.01 No.01, Januari – Maret 2012.

Nugroho, Asrofi. 2015. Usulan Perbaikan TPM dengan Perhitungan OEE Pada Mechine Wrapping Horizontal Di PT. XYZ. Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal : Jakarta.

Nursanti, Ida dan Yoko Susanto. 2014. Analisis perhitungan overall equipment Effectiveness (oee) pada mesin packing Untuk meningkatkan nilai availability mesin packing untuk meningkatkan nilai availability. Tersedia pada :

Septian et al.2012. Pengukuran nilai overall equipment effectiveness (oee) sebagai pedoman perbaikan efektivitas mesin cnc cutting. Jurnal Teknik Pomits vol. 1, no. 1, (2012) 1-6. Tersedia pada :

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v8i1.1596

Article Metrics

Abstract - 2207 PDF - 2053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.