PENGARUH JENIS ADSORBEN PADA EFEKTIFITAS PENURUNAN KANDUNGAN Pb AIR LIMBAH RECYCLE AKI BEKAS

Rohmat Mufti Ali

Abstract


Pengolahan air limbah Aki bekas recycle dilakukan karena menghasilkan limbah yang mengandung Pb dan bersifat asam pada air cucian limbah. Untuk hal tersebut perlu dilakukan penelitian dalam menurunkan kandungan Pb pada limbah recycle aki bekas. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan pengaruh jenis adsorben dan persentase massa adsorben terhadap penurunan kandungan Pb. Penelitian ini dilakukan beberapa tahap proses, yaitu pembuatan air limbah imitasi aki bekas, persiapan adsorben dan proses adsorpsi batch. Proses awal penelitian membuat air limbah imitasi aki bekas dengan proses perendaman aki bekas dengan air 4 liter selama 10 hari. Penyiapan adsorben dengan perlakuan kimia fisika pada karbon aktif dan zeolite. Setelah proses perendaman dengan plat Pb selama 10 hari adsorben siap digunakan. Proses adsorpsi batch dilakukan menggunakan sampel air limbah imitasi aki bekas sebanyak 100 ml diaduk dengan kecepatan 150 rpm selama 1 jam dengan variasi jenis adsorben zeolite dan karbon aktif. Variabel persentase massa adsorben yaitu 0%, 5 % (m/v), 10 % (m/v), 15 % (m/v), 20 % (m/v), dan 25 % (m/v). Pada adsorbsi dengan zeolite menunjukkan hasil penurunan kadar pb dari 8.02 mg/L menjadi 1.667 mg/L. sedangkan untuk karbon aktif menunjukkan hasil penurunan kadar Pb dari 8.02 mg/L menjadi 0.239 mg/L. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah kadar penurunan Pb terbaik pada jenis adsorben karbon aktif dengan persentase adsorben 25% (m/v)  terjadi penurunan kandungan Pb dari 8.02 mg/L menjadi 0.239 mg/L.  


Full Text:

PDF

References


Azamia, M. 2012. “Pengolahan Limbah Cair Laboratorium Kimia Dalam Penurunan Kadar Organik Serta Logam Berat Fe, Mn, Cr Dengan Metode Koagulasi dan Adsorpsi”. FMIPA. UI. Jakarta.

Fajarwati, I. 2015. “Pengolahan Air Tanah Dengan Sistem Multifiltrasi Menggunakan Cangkang Kerang, Zeolit, Dan Karbon Aktif”. Jurnal Mahasiswa S1 Teknik Lingkungan: Vol. 1, No. 1. UNTAN. Pontianak.

Furlan FR, da Silva LGdM, Morgado AF, de Souza AAU. Removal of reactive dyes from aqueous solutions using combined coagulation/flocculation and adsorption on activated carbon. Resources, Conservation and Recycling. 2010;54:283-90.

Kristiana I, Joll C, Heitz A. Powdered activated carbon coupled with enhanced coagulation for natural organic matter removal and disinfection by-product control: Application in a Western Australian water treatment plant. Chemosphere. 2011;83:661-7.

Lee J-W, Choi S-P, Thiruvenkatachari R, Shim W-G, Moon H. Submerged microfiltration membrane coupled with alum coagulation/powdered activated carbon adsorption for complete decolorization of reactive dyes. Water Research. 2006;40:435-44.

Papić S, Koprivanac N, Božić AL, Meteš A. Removal of some reactive dyes from synthetic wastewater by combined Al (III) coagulation/carbon adsorption process. Dyes and Pigments. 2004;62:291-8.

Hendra, R. 2008. “Pembuatan Karbon Aktif Berbahan Dasar Batubara Indonesia Dengan Metode Aktivasi Fisika Dan Karakteristiknya”. Departemen Teknik Mesin. UI. Jakarta.

Iswanto, W.N.A.; Moelyaningrum, A.D.; dan Pujiati, R.S. 2016. “Penurunan Kadar Logam Timbal Pada Limbah Cair Percetakan Dengan Zeolit Alam Teraktivasi (Studi Pada Limbah Cair Percetakan X Jember)”. Jember.

Khimayah. 2015. “Variasi Diameter Zeolit Untuk Menurunkan Kadar Besi (Fe) Pada Air Sumur Gali”. Universitas Diponegoro. Semarang.

Nurlina.; Zahra, T.A.; Gusrizal; dan Kartika, I.D. 2015. “Efektivitas Penggunanaan Tawas Dan Karbon Aktif Pada Pengolahan Limbah Cair Industri Tahu”. Prosiding SEMIRATA 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat. Hal. 690-699. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Setiaka, J; Ulfin, I; dan Widiastuti, N. 2010. “Adsorpsi Ion Logam Cu (II) Dalam Larutan Pada Abu Dasar Batu Bara Menggunakan Metode Kolom”. Prosiding Kimia FMIPA. ITS. Surabaya.

Susanawati, D.L.; Bambang, S.; dan Kustamar. 2011. “Penurunan Kandungan Logam Berat Pada Air Lindi Dengan Media Zeolit Menggunakan Metode Batch Dan Metode Kontinyu”. Jurnal AGROINTEK. Vol. 5, No. 2. Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v8i1.1597

Article Metrics

Abstract - 1653 PDF - 1354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.