PENGUJIAN ALAT PENGUPAS DAN PEMISAH KULIT ARI BIJI KEDELAI DENGAN 3 PERLAKUAN PADA BIJI KEDELAI

Bambang SW

Abstract


Teknik pengupasan dan pemisahan kulit ari kedelai senantiasa berkembang, sebelumnya pengupasan dan pemisahan kulit ari kedelai dilakukan secara manual, sedangkan untuk saat ini alat pengupas dan pemisah kulit ari kedelai telah tersedia alat dengan menggunakan mesin. Sehingga untuk pengupasan dan pemisahan ini dibutuhkan dua mesin yaitu mesin pengupas dan mesin pemisah. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap mesin pengupas dan pemisah kulit ari biji kedelai dalam satu rangka dengan menggunakan biji kedelai yang telah dilakukan perlakuan yang berbeda. Dengan demikian, pengujian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis perlakuan biji kedelai yang paling tepat, sehingga dapat menjaga efektifitas dan efisiensi alat tersebut. Dari data pengujian didapatkan jenis perlakuan biji kedelai yang memiliki tingkat keberhasilan pengupasan terbaik adalah biji kedelai yang didapatkan langsung dari pasar, yaitu memiliki tingkat keberhasilan pengupasan sebesar 55 %. Sedangkan untuk pemisahan kulit ari dan biji kedelai, bukaan tombol dimmer yang memiliki tingkat keberhasilan terbaik adalah bukaan secara maksimal, yaitu memiliki tingkat keberhasilan sebesar 87 %.

 

Kata kunci: Pengujian Biji Kedelai, Tiga Perlakuan, Kulit Ari Kedelai,Pengupasan, Pemisahan.


Full Text:

PDF

References


Aep Wawan Irwan. Budidaya Tanaman Kedelai. Jurnal Budidaya Pertanian, Bogor, 2006.

Bharath Parshi, Anoop Kumar. Design and Analysis of Centrifugal Blower Impeller Using Steels and Aluminium Alloy. International Journal of Current Engineering and Scientific Research, Vol. 4, No. 11, India, 2017.

Dicky R. Munaf, Thomas Suseno, Rizaldi Indra Janu, Aulia M. Badar. Peran Teknologi Tepat Guna untuk Masyarakat Daerah Perbatasan. Jurnal Sosioteknologi, Vol. 13, 2008.

F. I. Apeh, B. S. Yahaya, F. Achema, M. O. Fabiyi, E. S. Apeh. Design Analysis of a Locally Fabricated Palm Kernel Shells Grinding Machine. American Journal of Engineering Research, Vol. 4, No. 11, Nigeria, 2015.

Kay Thi Myaing, Htay Htay Win. Design and Analysis of Impeller for Centrifugal Blower Using Solid Works. International Journal of Scientific Engineering and Technology Research, Vol. 3, No. 10, Myanmar, 2014.

Sanda. Blower dan Cerobong Untuk Membuang Limbah dan Bau Ozon Iradiator Gamma 500 kCi, Jurnal Teknologi Pengelolaan Limbah, Vol. 15, No. 1, Tangerang, 2012.

Sularso dan Haruo Tahara. Pompa & Kompresor. PT. Pradnya Paramita, Jakarta, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v8i2.2013

Article Metrics

Abstract - 1711 PDF - 811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.