ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PARAKUAT MENGGUNAKAN METODE DMAIC DI PT SOGO LOGO INDONESIA

Diah Septiyana

Abstract


PT Solo Logo Indonesia Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi Herbisida, dengan produknya yaitu Parakuat, dan Glyphosate dengan berbagai macam variasi. Saat ini kualitas produk Parakuat di PT Solo Logo Indonesia belum maksimal. Produk-produk dengan spesifikasi di luar standart kualitas yang ditetapkan oleh PT. Solo Logo Indonesia dan dikategorikan sebagai produk cacat (defect). Untuk mengetahui penyebab cacat dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas sehingga dapat mengetahui kinerja dengan menggunkan metode DMAIC juga untuk mengetahu nilai sigma dari produk parakuat tersebut. Metode DMAIC digunakan untuk mengetahui defect di PT Solo Logo Indonesia, hasil yang didapatkan yaitu bahwa PT Solo Logo Indonesia dengan kinerja kualitas produk parakuat berada pada tingkat kualitas sigma rata-rata 2.76-Sigma. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan sudah berada pada tingkat kualitas sigma yang cukup baik meski masih memungkinkan untuk diperbaiki supaya produk yang dihasilkan dapat lebih kompetitif.

Kata Kunci : DMAIC, Kualitas, Sigma, Quality Control


Keywords


DMAIC, Kualitas, Sigma, Quality Control

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. W. (2004). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Gaspersz, V. (2002). Total Quality Management. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Evans, J.R., Lindsay, W.M. (2007). An Introduction to Six Sigma & Process Improvement (Pengantar Six Sigma), Salemba Empat, Jakarta.

Widiatnolo, S.B. (2010). Analisis Cacat Low Brine dan Low Vaccum Produk Jamur Kemasan Gelas dengan Pendekatan Desain Eksperimen di PT. Zeta Agro Corporation, Skripsi Program Studi Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v10i1.2585

Article Metrics

Abstract - 663 PDF - 643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2