PERENCANAAN ULANG BENDUNG (Studi Kasus : Rencana Ulang Bendung Karet Ciberung Kota Cilegon Provinsi Banten )

Andri Arthono, Istiani Istiani

Abstract


Air adalah kebutuhan utama manusia. Dalam kehidupan sehari- hari pengaruh air sangat luas. Di samping itu, pertumbuhan penduduk dan industri semakin meningkat. Maka di perlukannya perbaikan –perbaikan pada bendung yang fungsi kerjanya menurun. Saat ini Bendung Karet Ciberung mengalami kinerja yang kurang memadai. Terdapat beberapa kerusakan di bagian struktur, karet pembendung bocor serta pondasi bendung ada penurunan dan alat instalasi untuk pengoperasian bendung rusak.

Bendung adalah bangunan air yang di bangun melintang sungai untuk meninggikan elevasi muka air. Air sungai yang permukaannya dinaikkan akan melimpas melalui puncak / mercu bendung. Di indonesia, bendung dapat digunakan untuk irigasi bila misalnya muka air sungai lebih rendah dari muka tanah yang diairi.

Bendung Karet dalam segi biaya keseluruhan lebih murah dibanding pembuatan bendung gerak jenis lain. Cukup dengan tabung karet dan hembusan pompa atau kompresor yang tidak memerlukan tenaga (listrik) yang tinggi. Bendung karet mempunyai daya tahan gempa yang lebih baik daripada bendung jenis lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa bendung karet tidak sekuat baja atau beton dalam menghadapi tusukan benda-benda runcing atau irisan benda-benda tajam. Bila terjadi kerusakan perlu di tambal  atau diperbaiki segera, karena jika karet berlubang menyebabkan bendung tidak dapat berfungsi.

Rencana ulang Bendung Karet Ciberung meliputi kegiatan perencanaan bendung karet atau bangunan utama. Dengan memperhitungkan hidrolik bendung karet, rencana ulang bendung tanpa perhitungan perencanaan irigasi. Sehingga bendung karet dapat berfungsi secara normal kembali. Hasil perhitungan kontrol kestabilan tubuh bendung terhadap guling = 7,32 > 2 (ok stabil), terhadap geser = 4,76 > 1,50 (ok stabil). Hasil perhitungan kontrol kestabilan tembok pangkal terhadap guling = 7,42 > 2 (ok stabil), terhadap geser = 6,515 > 1,50 (ok stabil). Rencana Anggaran Biaya kontruksi bendung direncanaka sebesar Rp 11.354.539.000 (Sebelas milyar tiga ratus lima puluh empat juta lima ratus tiga puluh sembilan ribu rupiah).


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum; Perencanaan Bendung Karet Isi Udara, Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum, September 2004

Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian Serang Banten

Sudjarwo, Bendung Karet Kembang Kempis Serba Guna, Mei 2013

Bambang Triatmojo, Hidrologi Terapan, BETA OFFET, Yogyakarta 2008

Sri Harto, Analisa Hidrologi, PT GRAMEDIA PUSTAKA, Jakarta 1993

Suyono Sosrodarsono, Hidrologi Untuk Pengairan dan Kriteria Perencanaan Teknis Irigasi, PT Pradya Paramita Indonesia, 1983

Sunggono KH, 1995 Buku Teknik Sipil, NOVA BANDUNG

J.A. Mukomuko, Dasar Penyusunan Anggaran Biaya Bangunan, Kurnia Esa, Jakarta 1972.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v9i1.2647

Article Metrics

Abstract - 1656 PDF - 1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2