ANALISIS NETWORK PLANNING DENGAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) PADA PROYEK UNINTERATUBLE POWER SUPPLY (UPS) 80KVA PADA PT. HARMONI MITRA SUKSES (Studi Kasus : RSAB Harapan Kita, Jakarta)

Hermanto Hermanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menganalisis network planning untuk mengoptimalkan kegiatan proyek yang dilakukan PT. harmoni mitra sukses terhadap produk UPS 80 kvA dengan melakukan crash untuk mengurangi resiko keterlambatan pengiriman produk UPS 80 kvA. Dengan menggunakan metode CPM ini peneliti mengurangi jam kegiatan proyek yang dimana kegiatan tersebut memiliki 12 kegiatan, yang dimana 3 kegiatan dilakukan diluar perusahaan PT. Harmoni Mitra Sukses yaitu kegiatan pengorderan dan pengiriman UPS dan komponen lainnya. Hal ini dimanfaatkan peneliti untuk mengurangi waktu kegiatan proyek, yaitu dengan melakukan kerja sama antar pihak Pt. harmoni Mitra Sukses dengan pihak supplier yaitu PT. Excercied untuk mensupplai produk yang diminta lebih awal sehingga waktu pengorderan dan pengiriman produk bisa dipercepat. Hal tersebut pun tidak  membuat biaya proyek membengkak lebih besar untuk membiayai tenaga kerja. Ini sangat menguntungkan bagi perusahaan karena perusahaan hanya akan mengeluarkan biaya lembur untuk beberapa kegiatan pembongkaran saja. Untuk kondisi percepatan, waktu penyelesaian selama 161 hari ( total percepatan 42 hari) dengan 3 lintasan kritis yang semua proses masuk ke lintasan kritis tersebut. Dalam percepatan waktu proses dilakukan berdasarkan keadaan dilapangan melalui teknik observasi lapangan dengan cara menambah jam lembur bagi tiap-tiap proses yang harus didahulukan. Biaya tak langsung dapat dinyatakan keterkaitannya dalam kegiatan proyek, anatara lain peralatan dan mesin, pengeluaran supervisor, administrasi lapangan, biaya pengawasan dan lain-lain. Besarnya biaya tak langsung adalah 5% dari total biaya langsung dan biaya tenaga kerja langsung yaitu sebesar Rp. 16.890.625; pada kondisi awal dan Rp. 17.969.125; pada kondisi percepatan. 

Kata Kunci : Network Planning dengan metode critical path method  produk UPS untuk mengurangi resiko keterlambatan pengiriman kepada RSAB Harapan Kita


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v6i1.327

Article Metrics

Abstract - 2093 PDF - 2077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.