ANALISIS STRATEGI PEMASARAN OBAT BATUK PROSPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT PADA PT. SOHO GLOBAL HEALTH
Abstract
HasilprosespenelitiananalisisSWOTyangada diPT.SOHOGlobalHealth menjelaskanbahwa produkprospanberada pada tahapGrowthOriented Strategi dengan Peluang 1,77 dan kekuatan2.08.Inimerupakansituasiyang baik dimana perusahaanmemilikikekuatansehinggadapatmemanfaatkanpeluangyang adahingga perusahaandapattumbuhberkembang denganbaikdandapatmemasarkanproduk Prospan tersebutdipasaran obatekpektoran diIndonesia. Jadidapatdisimpulkanyang diperoleh dari penelitianiniadalahBerdasarkan hasilujivaliditas diperolehsoftware SPSS16dapatdiketahuibahwakeseluruhanrespondenyangditelitisebanyak30dari
14indikatordinyatakan100%valid,makadapatdikatakanbahwarhitung lebihbesar darirtabel.Daritabeldiatasalphacronbachyangdiperolehdiatas0,80yaitusebesar
0,893makadatatersebutdikatakanreliable(baik).Faktor-faktoryang mempengaruhi kesuksesan PT. SOHOGlobal Healthdilihat dari faktor-faktor internalkekuatan, produkyang mengandung bahanaktifektrakherbaldaunivy,didukungbanyakstudi klinis, dan citraperusahaanyangbaik didalam memasarkan obat-obat berbahan herbal. Faktor internalkelemahan adalah tidak adanyakemasan tablet/bentukkapsul, harga yang relatif premium dan keyakinan dokter akan obat-obat alami (herbal) masih lemah.Faktoreksternalpeluang adalahpasar(konsumen)mulaiaktifmencariobat- obatanyang amanyang berbahan dasar herbaldan belumbanyaknya beredar obat herbaldenganreputasifarmasi.Faktoreksternalancamanadalahkegiatanpromosi yang aktifdaripesaing (kompetitor)danobat-obatekpektoranberbahankimiasudah banyak tersedia diIndonesia.
KataKunci:SWOT,BobotFaktorInternal &Eksternal,Rating,AnalisisFaktor, MatrikSWOT.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v5i1.339
Article Metrics
Abstract - 2485 PDF - 2603Refbacks
- There are currently no refbacks.