HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN SISTEM PEMBAYARAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DI INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan persepsi mahasiswa tentang kualitas pelayanan dan sistem pembayaran dengan kepuasan mahasiswa di Institut Sains dan Teknologi Al Kamal.Dari jumlah sampel populasi yang ada diambil sampel secara random dengan jumlah 100 orang responden. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dari analisa korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Demikian juga dengan sistem pembayaran terhadap kepuasan mahasiswa diperoleh hubungan yang sangat kuat. Secara bersama sama ada hubungan yang signifikan antara kepuasan mahasiswa dengan kualitas pelayanan dan sistem pembayaran. Pada analisa regresi, komponen kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa terdapat hubungan yang linear antara kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa, sedang pada sistem pembayaran dan kepuasan mahasiswa juga terdapat hubungan yang linear, dan secara bersama sama antara kualitas pelayanan dan sistem pembayaran terhadap kepuasan mahasiswa. Dengan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan, sistem pembayaran dan kepuasan mahasiswa, maka diharapkan agar karyawan Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal mampu untuk meningkatkan pelayanannya untuk mahasiswa, sehingga diharapkan dengan meningkatnya kualitas pelayanan dan sistem pembayaran maka kepuasan dari mahasiswa dapat tercapai.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sistem Pembayaran dan Kepuasan Mahasiswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v5i2.348
Article Metrics
Abstract - 945 PDF - 745Refbacks
- There are currently no refbacks.