HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN SISTEM PEMBAYARAN DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DI INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL

Ateng Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur hubungan persepsi mahasiswa tentang kualitas pelayanan dan sistem pembayaran dengan kepuasan mahasiswa di Institut Sains dan Teknologi Al Kamal.Dari jumlah sampel populasi yang ada diambil sampel secara random dengan jumlah 100 orang responden. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dari analisa korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Demikian juga dengan sistem pembayaran terhadap kepuasan mahasiswa diperoleh hubungan  yang  sangat  kuat.  Secara  bersama  sama  ada  hubungan  yang signifikan antara kepuasan mahasiswa dengan kualitas pelayanan  dan sistem pembayaran. Pada analisa regresi, komponen kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa terdapat hubungan yang linear antara kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa, sedang pada sistem pembayaran dan kepuasan mahasiswa juga terdapat hubungan yang linear, dan secara bersama sama antara kualitas pelayanan dan sistem pembayaran terhadap kepuasan mahasiswa. Dengan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan, sistem pembayaran dan kepuasan mahasiswa, maka diharapkan agar karyawan Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal mampu untuk meningkatkan pelayanannya untuk mahasiswa, sehingga diharapkan dengan meningkatnya kualitas pelayanan dan sistem pembayaran  maka kepuasan dari mahasiswa dapat tercapai.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sistem Pembayaran dan Kepuasan  Mahasiswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v5i2.348

Article Metrics

Abstract - 879 PDF - 701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.