PENGEMBANGAN PURWARUPA SISTEM PROTEKSI HYBRID KEASLIAN FAKTUR ELEKTRONIK (E-INVOICE) PADA E-BISNIS MENGGUNAKAN QR CODE, STEGANOGRAFI DAN KRIPTOGRAFI

Dedy Alamsyah

Abstract


Faktur elektronik merupakan transformasi bentuk faktur konvensional berbasis kertas (hardcopy) menjadi faktur berbentuk digital (e-invoice) yang diterbitkan ketika terjadi transaksi   bisnis.   Faktur   elektronik   (e-invoice)   berisi   informasi-informasi   yang berkaitan dengan transaksi bisnis antara penjual dan pelanggan. Faktur elektronik didistribusikan melalui email dan harus dapat dipastikan diterima pelanggan dan mampu  diverifikasi  keasliannya  apabila  terindikasi  terjadi  perubahan  data  dan informasi oleh pihak yang tidak berkepentingan. Pada penelitian ini sistem proteksi yang  digunakan  untuk  melakukan  proteksi  terhadap  faktur  elektronik  berbasis Portable Document Format (PDF) adalah metode hybrid yaitu penggabungan QR- Code, Steganografi dan Kriptografi sehingga faktur elektronik berbasis Portable Document Format yang dikirim ke pelanggan menjadi lebih aman. Sistem aplikasi yang dibuat berbasis web dan online lewat internet memungkinkan pelanggan melakukan verifikasi sehingga memberikan kepercayaan antara kedua belah pihak.

 Kata  Kunci:  PDF  protection,  Hybrid  Protection,  Protection  E-invoices, Steganography EOF, AES Encryption, Secure QR Code.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v5i2.351

Article Metrics

Abstract - 2300 PDF - 2195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.