PENERAPAN METODE LINE BALANCING UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA JALUR LINTASAN CPLG EXTENSION DI PT. ABC

Joko Supono

Abstract


PT. ABC merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan komponen otomotif. Salah satu produk yang menjadi order rutinĀ  bulanan adalah CPLG extension. Jalur lintasan pembuatan CPLG extension ini terdiri dari sembilan stasiun kerja dengan masing-masing satu orang operator. Dari sejumlah operator yang ditugaskan dalam lini tersebut, sering kali terlihat beberapa operator pada stasiun kerja tertentu menganggur, sehingga pihak manajemen perusahaan merasa bahwa sistem yang dijalankan saat ini kurang produktif.

Adanya operator yang menganggur mengindikasikan bahwa terdapat ketidakseimbangan beban kerja yang diterima oleh masing-masing operator. Dalam satu jalur aliran proses dari awal hingga akhir, sedapat mungkin setiap stasiun kerja memiliki kecepatan produksi yang sama, artinya antara kapasitas produksi dengan waktu operasi antar stasiun harus seimbang.

Penelitian ini membahas tentang peningkatan produktivitas dengan metode penyeimbangan lini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setelah dilakukan perbaikan urutan kerja dan penambahan beban kerja jumlah stasiun kerja berkurang dari 9 stasiun menjadi 7 stasiun, sehingga dapat mengurangi 2 orang karyawan. Dari hasil pengujian tingkat performansi juga menunjukkan adanya peningkatan yaitu efisiensi lini meningkat dari 74,6% menjadi 95,9%, waktu menganggur operator berkurang dari 25,4% menjadi 4,1%, dan juga produktivitas karyawan meningkat dari 89 pcs/karyawan menjadi 114 pcs/karyawan.

Kata kunci: Peningkatan produktivitas, keseimbangan lini.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v4i1.355

Article Metrics

Abstract - 1628 PDF - 1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.