Menurunkan Cacat Produk Kain Type C45128 Proses Dyeing Finishing Dengan Metode Six Sigma dan Seven Tool di PT. Argo Pantes Tbk,

Joko Hardono, Dian Hidayat

Abstract


Abstrak

Kualitas produk merupakan salah satu karakteristik kunci yang akan menentukan tingkat kepuasan pelanggan. PT Argo Pantes merupakan perusahaan yang memproduksi kain. Departemen Produksi menetapkan sasaran jangka pendek yaitu peningkatan kualitas produk melalui penurunan tingkat cacat produk pada proses Dyeing Finishing yaitu proses pewarnaan serat kain. Penurunan cacat produk dilakukan dengan pendekatan metode Six Sigma malaui tahapan Design-Measure-Analyze-Improve-Control (DMAIC). Proses dimulai dengan melakukan identifikasi masalah dan factor penyebab masalah, mengukur frekwensi kejadian dari masing-masing faktor penyebab, menentukan faktor penyebab yang dominan dengan pendekatan diagram Pareto, kemudian mekukan identifikasi akar penyebab masalah dengan pendekatan diagram Sebab Akibat. Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data yang dilakukan selama dua bulan dari tanggal 1 Juni – 28 Juli 2020 ada empat cacat produk pada proses Dyeing Finishingyaitu handling tidak sesuai, kain mengkerut,warna luntur dan noda. Dengan diagram Pareto didapat factor penyebab cacat dominan sebesar 79% yaitu disebabkan oleh Kain mengkerut 30%, warna luntur 26% dan noda 23%. Mencari akar penyebab masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan diagram sebab akibat terhadap ketiga jenis cacat tersebut untuk kemudian diberikan usulan perbaikan.

Abstrak

Kualitas produk merupakan salah satu karakteristik kunci yang akan menentukan tingkat kepuasan pelanggan. PT Argo Pantes merupakan perusahaan yang memproduksi kain. Departemen Produksi menetapkan sasaran jangka pendek yaitu peningkatan kualitas produk melalui penurunan tingkat cacat produk pada proses Dyeing Finishing yaitu proses pewarnaan serat kain. Penurunan cacat produk dilakukan dengan pendekatan metode Six Sigma malaui tahapan Design-Measure-Analyze-Improve-Control (DMAIC). Proses dimulai dengan melakukan identifikasi masalah dan factor penyebab masalah, mengukur frekwensi kejadian dari masing-masing faktor penyebab, menentukan faktor penyebab yang dominan dengan pendekatan diagram Pareto, kemudian mekukan identifikasi akar penyebab masalah dengan pendekatan diagram Sebab Akibat. Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data yang dilakukan selama dua bulan dari tanggal 1 Juni – 28 Juli 2020 ada empat cacat produk pada proses Dyeing Finishing yaitu handling tidak sesuai, kain mengkerut,warna luntur dan noda. Dengan diagram Pareto didapat factor penyebab cacat dominan sebesar 79% yaitu disebabkan oleh Kain mengkerut 30%, warna luntur 26% dan noda 23%. Mencari akar penyebab masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan diagram sebab akibat terhadap ketiga jenis cacat tersebut untuk kemudian diberikan usulan perbaikan.


Keywords


Cacat Produk; Six Sigma; DMAIC; diagram Pareto; diagram Sebab akibat

Full Text:

PDF

References


Council Six Sigma. (2018). Six Sigma A Complete Step-by-Step Guide. The Council for Six Sigma Certification, 1–828. https://www.sixsigmacouncil.org/wp-content/uploads/2018/08/Six-Sigma-A-Complete-Step-by-Step-Guide.pdf

Harpensa, A., Harsono, A., & Fitria, L. (2015). Usulan Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma Untuk Mengurangi Jumlah Cacat Produk Ubin Teraso Pada Pt. Ubin Alpen. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 03(03), 310–320.

Haryono, S. (2019). Manajemen Produksi & Operasi. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Lusiana, A. (2007). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Pada Pt. Sandang Nusantara Unit Patal Secang. 1–99.

Structures, M. B. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.

Susanti, H. (2018). Pengendalian Kualitas Pada Produk Sepatu Dengan Metode Six Sigma ( Studi Kasus UKM Praktis Sepatu Magetan ).

Ulkhaq, M. (2015). Aplikasi Metode Seven Tools Dan Analisis 5W + 1H Untuk. Industrial Engineering Department, Faculty of Engineering, Diponegoro University, 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v10i2.3688

Article Metrics

Abstract - 585 PDF - 803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2