Analisa Total Productive Maintenance (TPM) Menggunakan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Mesin CNC Milling

Joko Hardono

Abstract


Abstrak

PT. JNA bergerak dalam bidang industri mesin kemasan dangan produk yang dihasilkan yaitu mesin packaging semi automation, full automation, mesin pengisian gallon, dan lainnya. Proses produksi sparepart dan suku cadangnya melalui mesin cnc lathe dan mesin CNC Miling. Pengamatan dilakukan pada proses mesin CNC Miling MV40 karena jumlah downtime yang lebih lebih tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Overall Equipment Effectiveness (OEE) untuk mengukur efektivitas mesin CNC Miling MV40. Dari hasil perhitungan menunjukan nilai rata-rata tingkat efektivitas mesin CNC Miling MV40 pada periode Desember 2018 – November 2019 adalah 76.84%. setelah itu dilakukan analisis menggunakan tools diagram pareto dan diagram fishbone. Hasilnya alarm (emergency stop) axis z over travel dan motor pompa hidrolik jebol, menjadi faktor penyebab utama downtime terbesar. Akar penyebab dari masalah tersebut diantaranya 1.Manusia : Kurang pengalaman, Operator cuek / tidak peduli, 2. Metode : Tidak ada SOP. Dari data tersebut dibuat rancangan usulan perbaikan dengan menggunakan metode 5W + 1H.

 

Kata Kunci: Downtime, Overall Equipment Effectiveness (OEE), Diagram Pareto, Diagram Fishbone.


Keywords


TI-UMT

Full Text:

PDF

References


Habib, A. S., & Supriyanto, H. har. (2012). Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness ( OEE ) Sebagai Pedoman Perbaikan Efektivitas Mesin CNC Cutting. Jurnal Teknik Pomits, 1(1), 1–6.

Nakajima, S. (1988). Implementing Total Productive Maintenance. Productivity Press, Inc.

Rinawati, D. I., & Dewi, C. N. (2014). Total productive maintenance. SAE Technical Papers, 21–26. https://doi.org/10.4271/982092

Williamson, R. . (2006). Using Overall Equipment Effectiveness: the Metric and the Measures. http://www.swspitcrew.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v9i2.3689

Article Metrics

Abstract - 2607 PDF - 2868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2