ANALISA LINGKUNGAN KERJA DI PT. IRC INOAC INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN YANG OPTIMAL

Ade Prasetiyo, Ellysa Kusuma Laksanawati

Abstract


PT. IRC INOAC Indonesia ingin meraih kinerja yang optimal sesuai dengan target yang telah di tentukan, maka perusahaan harus mampu menyediakan lingkungan kerja yang memadai seperti lingkungan fisik (tata letak yang baik, lingkungan yang bersih, pertukaran udara yang baik, dan penerangan yang baik), serta lingkungan non fisik (suasana kerja karyawan, kesejahteraan karyawan, hubungan antar sesama karyawan, hubungan antar karyawan dengan pimpinan).

Dengan ditemukannya presentasi kerja yang fluktuatif di PT. IRC INOAC Indonesia, mengidentifikasi banyak karyawan yang kurang peduli dengan lingkungan kerja masing-masing, seperti adanya alat-alat produksi yang tidak diletakkannya pada tempatnya, lingkungan kerja yang kotor dan juga masih banyak ditemukannya sarana yang disediakan oleh perusahaan yang tidak dimanfaatkan oleh karyawannya.

Dalam hal ini motivasi karyawan sangat diperlukan untuk meraih kinerja yang otimal. Karena motivasi merupakan faktor yang sangat menentukan kinerja. Motivasi sendiri merupakan dorongan, keinginan, hasrat dan tenaga penggerak yang berasal dari diri manusia untuk berbuat atau untuk melakukan sesuatu.Sehingga peran   perusahaan dalam memotivasi karyawan dan membuat lingkungan kerja yang kondusif sangatlah penting.

Persoalan dalam memotivasi karyawan tidak mudah karena dalam diri karyawan terdapat keinginan, kebutuhan dan harapan yang berbeda antara satu karyawan dengan karyawan lain. Jadi apabila perusahaan dapat memahami persoalan motivasi dan mengatasinya maka perusahaan akan mendapatkan kinerja karyawan yang optimal sesuai dengan yang perusahaan inginkan. 

Kata Kunci: Kinerja, Lingkungan, Disiplin, Motivasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v4i2.376

Article Metrics

Abstract - 1105 PDF - 772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.