PERCEPATAN PELAKSANAAN KAWASAN INDUSTRI SURYA CIPTA KARAWANG PROPINSI JAWA BARAT

Sugeng Purwanto

Abstract


Kawasan Indutri  yang  bernama Surya Cipta di daerah Karawang Jawa barat merupakan bagian dari pengembangan industri (development industrial) sebagai tempat usaha bagi para pengusaha baik lokal maupun   pengusaha asing yang bergerak dibidang industri diantaranya assembling kendaraan; pabrik ban mobil; industri konstruksi; konveksi dan lain-lain.

Lokasi  berada pada suatu tempat dimana keadaan (existing) berupa  lahan yang berbukit dan berlembah yang  dibuat rata dengan cara bukit dipotong/digali (cut) dan lembah diurug (fill)

dipadatkan dan dibuta petak-petak (kavling) untuk didirikan suatu pabrik sebagai operasional

produksi yang akan dipasarkan baik diimport maupun diekspor.

Karena pekerjaan bersifat pekerjaan tanah sebagai bagian pekerjaan pemula atau awal pembuka jenis-jenis pekerjaan konstruksi lainya maka harus diprioritaskan. Dalam pelaksanaan harus  diperhatikan  bahwa  cuaca  di  Indonesia  ada  dua  musim  penghujan    biasanya  bulan Oktober-Maret dan musim kemarau biasanya bulan April hingga September sehingga waktu efektif kerja untuk pekerjaan cut/fill akan efektif praktis enam bulan dalam setahun.

Mencermati waktu efektif maka harus memperbanyak group pelaksana (Sub Kontraktor) karena lahan luas dan kerja monoton maka produktivitas galian tanah bisa lebih banyak ,bila musim hujan harus selalu menanggulangi system drainase maka pekerjaan   akan lebih cepat selesai.

Terbukti pada saat pekerjaan tahap I luas 500 Ha dengan volume galian 1.500.000 M3

pertahun dan  tahap II  luas 400Ha volume galian tanah 7.750.000 M3  jadwal 21 bulan dapat diselesaikan waktu enam bulan. 

Kata Kunci: Percepatan Pelaksanaan Land Grading (Cut & Fill).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v4i2.388

Article Metrics

Abstract - 826 PDF - 776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.