RANCANGAN ALAT PENGENDALI ON/OFF LAMPU, AC DAN KUNCI ELEKTRIK DI RUANG KELAS SECARA WIRELESS

Lenni Lenni

Abstract


Sistem pengendali peralatan elektronik seperti lampu khususnya pada gedung bertingkat seperti kampus dikendalikan dari ruang tertentu pada panel distribusi melalui kabel. Tetapi penguncian dan pembukaan pintu pada setiap kelas dilakukan oleh petugas dengan mengunjungi setiap kelas. Selain itu untuk on/off AC menggunakan remote. Dengan latar belakang ini penulis ingin merancang alat pengendali on/off lampu, AC dan kunci elektrik di ruang kelas secara wireless agar dapat membantu para petugas melakukan tugasnya.

Alat yang digunakan mampu berkomunikasi dua arah dengan menggunakan Amplitude Shift Keying (ASK). Untuk berkomunikasi dua arah terdapat dua pemancar yang menggunakan frekuensi kerja yang sama dan terdapat juga dua penerima. Alat yang dirancang dibagi menjadi dua bagian yaitu alat di ruang pengendali dan alat di ruang kelas, dengan menggunakan modul pemancar dan penerima ASK pada masing – masing bagian. Alat ini dapat diaplikasikan selain untuk di ruang kelas juga dapat diaplikasikan pada perhotelan, perkantoran, dan lain - lain.

Alat di ruang pengendali berfungsi untuk mengendalikan lampu, AC, dan kunci elektrik di ruang kelas. Modul pemancar ASK di ruang pengendali berfungsi sebagai pengirim perintah ke modul penerima ASK di ruang kelas dengan menggunakan key pad matrik 4 x 3 untuk mengendalikan lampu, AC, dan kunci elektrik. Rangkaian wireless akan selalu menunggu apakah ada data yang masuk yang berupa perintah untuk menyalakan lampu, AC, dan membuka pintu.  Jika ada data yang masuk berupa perintah tersebut maka kondisi di atas dikerjakan. Modul pemancar ASK di ruang kelas berfungsi sebagai pengirim balasan ke modul penerima ASK di ruang pengendali kemudian status akan ditampilkan didisplay LCD. Selanjutnya mikrokontroler akan selalu menunggu untuk masuknya data perintah sebaliknya yaitu masuknya perintah untuk mematikan lampu, AC, dan mengunci pintu. Jika ada data yang masuk berupa perintah tersebut maka kondisi di atas dikerjakan. Dari hasil pengukuran rancangan alat yang diinginkan sehingga alat dapat bekerja dengan baik dan benar.

 

 

Keyword : Mikrokontroler, Amplitude Shift Keying (ASK)


Full Text:

PDF

References


A.B. Carlon, Communication System, McGraw-Hill, 1984, chap. 1, pp.1-7, chap. 10, pp. 389-394.

A.D. Malvino, Electronic Devices, 5th, Singapore, 1993.

B.A. Forouzan dan S.C. Kegan, Data Communications and Networking, Fourth Edition, Singapore : McGraw-Hill, 2007, chap. 3, pp.101-102, chap. 5, pp. 141-142.

R. Boylestad dan L. Nastlesky, Electronic Devices & Circuit Theory, Fifth Edition, USA : Prentice Hall, 1992, chap. 1, pp.39-41, chap. 3, pp.111, chap. 14, pp.607-612, chap. 19, pp.773-774.

Suhata, Aplikasi Mikrokontroller sebagai Pengendali Peralatan Elektronik, Via Line Telepon, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2005, chap. 4, pp.

Blocher Richard, Dasar Elektronika, Yogyakarta, Andi Yogyakarta,2003,chap.16 pp.235 – 239,247

Ihsanto Eko, M.Eng, Modul Mengajar Mikrokontroller. Jakarta.

Amplitude-Shift Keying (ASK) Modulation www.elec.mg.edu.au/cl/files-pdf/elec 321/red_mask.pdf

http://en.wikipedia.org/wiki/solenoid_%28electricity%29

LCO, Maret 2007, http//en.wikipedia.org/wiki/LCD

Relay, Maret 2007, http//en.wikipedia.org/wiki/relay

Solenoide (Electricity), Maret 2007, http//en.wikipedia.org/wiki/solenoid

www.wikimedia/keypadmatrix/theory.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v2i1.4243

Article Metrics

Abstract - 272 PDF - 560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2