PENGARUH DIAFRAGMA TERHADAP PERILAKU SISTEM STRUKTUR JEMBATAN

Jeply Murdiaman Guci

Abstract


Abstrak

Pengaruh diafragma terhadap perilaku sistem struktur jembatan beton bertulang bertipe grid yang terbuat dari komponen balok gelagar dan pelat lantai. Untuk mendapatkan pengaruh diafragma terhadap perilaku struktur, dilakukan tiga macam analisis dan dua tahap pembebanan, yaitu struktur tanpa diafragma pada tahap beban mati dan tahap beban hidup, struktur tanpa diafragma pada tahap beban mati dan dengan diafragma pada tahap beban hidup, serta struktur dengan diafragma pada tahap beban mati dan tahap beban hidup. Analisis dilakukan dengan menggunakan metoda elemen hingga dalam formulasi matriks. Gelagar dimodelkan dengan elemen lentur-torsi dengan gaya prategang. Diafragma dimodelkan dengan elemen lentur-torsi tanpa gaya prategang. Pelat lentur dimodelkan dengan elemen pelat lentur menurut teori Kirchhoff. Analisis dituangkan dalam satu program paket komputer yang dituliskan dalam bahasa Fortran. Program yang khusus disusun untuk keperluan penelitian telah diuji kebenarannya dengan melakukan proses validasi, berupa perbandingan hasil yang diperoleh lewat penerapan program dengan solusi eksak. Terbukti bahwa program memberikan hasil yang cukup dekat dengan solusi eksak. Program diterapkan terhadap analisis jembatan berbentang 40 meter dengan lebar 18 meter. Jembatan dimodelkan dengan 16 gelagar, 16 diafragma dan 16 pelat lentur. Studi kasus terdiri atas perbandingan perilaku jembatan pada kasus tanpa diafragma dengan kasus dengan diafragma. Penggunaan diafragma ternyata sangat meredusir perpindahan dan momen baik pada gelagar maupun pada pelat.

Kata kunci: Diafragma, Torsi, Lentur, Grid.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v6i2.450

Article Metrics

Abstract - 1881 PDF - 962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.