RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING KENDARAAN PADA PERUMAHAN VILLA RIZKI ILHAMI

Sri Mulyati, Yeni Daniarti, Rusii’dy Nur Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang informasi sistem monitoring kendaraan pada perumahan villa rizki ilhami, maraknya pencurian kendaraan dilingkungan perumahan telah meningkatkan keresahan di masyarakat untuk itu perlu adanya sebuah sistem informasi monitoring kendaraan yang mampu membantu pihak keamanan diperumahan setempat dalam memonitor pergerakan kendaraan yang masuk dan keluar perumahan, agar dapat menghasilkan sistem informasi yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut maka diperlukan analisis dan desain sistem monitoring kendaraan, adapun metode yang digunakan dalam melakukan analisis dan desain adalah metode waterfall yang dimulai dari tahapan identifikasi proses bisnis,analisis kebutuhan dan desain sistem, hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan fungsional dan non fungsional sistem serta rancangan antarmuka sistem yang memenuhi kebutuhan sistem yang telah didefinisikan. Android adalah sebuah sistem operasi yang sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Biasanya, android digunakan pada telepon pintar (smartphone) atau komputer tablet. Android juga merupakan sebuah sistem operasi yang juga mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan raksasa dunia yaitu Google. Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail, maka informasi dari sistem monitoring kendaraan ini adalah menggunakan teknik analisa aplikasi terutama aplikasi berbasis Android (Android B4A Bridge). Karena aplikasi android ini dirasa cocok sebagai pemula dalam suatu pembuatan aplikasi android

Kata Kunci: Sistem, Monitoring, Kendaraan, Android.


Full Text:

PDF

References


Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android). Informatika, Bandung

A. Herlina and P. M. Rasyid, "Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software Pada Tahap Development Berbasis Web," Jurnal Informatika, 2016.

Ari Budi Warsito, Muhamad Yusup, Muhamad Aspuri. Dosen STMIK Raharja, Dosen STMIK Raharja, Mahasiswa STMIK Raharja Technomedia Journal Vol. 2 No.1 Agustus 2017, E-ISSN : 2528-6544 P-ISSN : 2620-3383.

Mudjahidin. Nyoman Dita Pahang Putra. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Studi Kasus Dinas Bina Marga dan Pemantusan. Jurnal Teknik Industri, Vol. 11, No. 1, Februari 2010: 75-83..

Ramos Somya, program studi S1 teknik informatika Universitas Kristen Satya Wacana dalam Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol. 04 No. 02 Agustus 2018 053-060 E-ISSN : 2476-8812 P-ISSN : 2460-3465 http://teknosi.fti.unand.ac.id/

Sadana, Agus. 2014. “Perencanaan Kawasan Permukiman”. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Laudon, Kenneth C & Laudon, Jane P. 2012. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mcleod, Raymod 2010, Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v11i2.6047

Article Metrics

Abstract - 320 PDF - 323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2