PERANCANGAN TANGGA SAFETY ERGONOMIS UNTUK AKTIVITAS OUTDOOR DAN INDOOR

Eko Wirawan

Abstract


Ergonomi ialah ilmu yang berhubungan dengan tempat kerja. Salah satu studi dari ergonomi ialah antropometri. Menggunakan bantuan data antropometri, lebih mudah untuk merancang tempat kerja yang baik, nyaman dan aman. Antropometri adalah pengukuran dimensi tubuh untuk menentukan ukuran setiap subjek. Pengukuran antropometri tubuh meliputi tinggi mata saat berdiri, tinggi bahu saat berdiri, tinggi siku saat berdiri, tinggi saat berdiri, lebar bahu, lebar pinggul, tebal dada, tebal perut, siku hingga ujung jari, ekstensi tangan, rentang lengan, dan panjang telapak tangan. Dalam aktivitas sehari- hari, manusia tidak terlalu memperhatikan hal- hal kecil di lingkungan sekitar. Contoh sederhana salah satunya adalah tangga. Pada umumnya, tangga dibuat berdasar kemauan sang pemilik tanpa memperhatikan faktor ergonomisnya. Agar tetap nyaman dengan tangga saat bekerja sambil berdiri serta lebih mudah menjangkau sesuatu, kelompok kami telah merancang sebuah produk yang disebut "tangga safety". Kami menggunakan metode penelitian rasional. Hasil dari penelitian ini berupa usulan desain yang ergonomis untuk tangga.


Keywords


Ergonomi, Antropometri, Tempat kerja, Tangga Safety

Full Text:

PDF

References


Masniar, Bambang Supriadi Rusli. (2021). Analisa perancangan papan landasan ergonomis untuk aktivitas di kolong mobil.

Rina Sulistiyowati,Dwi Puji Astuti. (2019). Analisa perbandingan waktu pengukuran menggunakan kursi antropometri di Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi UNS.

Suhartono, Sri Mulyaningsih. (2022). Disain tangga ergonomis di destinasi wisata gunung ireng desa pengkok kapanewon patuk Kabupaten Gunungkidul, berdasarkan analisis biomekanika.

Anisah,Popy Yuliarty,dan Ryini Anggraini. (2017). Perancangan tempat wudhu ergonomis berdasarkan antropometri pengguna. (Studi Kasus Pada Mall ABC, Jakarta Barat).

Suhartono& Praditya, F. G. (2020). Rancangan Meja Penyambung Benang Tenun Dengan Pendekatan Antropometri Dan Biomekanika (Studi Kasus Pada PT. PRIMISSIMA).Jurnal Rekayasa Industri (JRI),2(2), 59-66.

Nadya Ulfa Tanjung , Sri Wahyuni. (2021). Pengukuran Antropometri Balita dan Perempuan Usia Subur Pasca Bencana Erupsi Gunung Sinabung di Desa Pertenguhen Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v12i1.6404

Article Metrics

Abstract - 115 PDF - 216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2