ANALISIS PENENTUAN KEBUTUHAN SHEAR WALL TERHADAP KEKAKUAN STRUKTUR MENGGUNAKAN TIME HISTORY DAN RESPON SPEKTRUM PADA GEDUNG PERKULIAHAN DI TANGERANG

Rully Angraeni Safitri

Abstract


Gempa bumi adalah bencana alam yang tidak dapat diprediksi oleh waktu dan lokasi secara tepat. Menurut Pawirodikromo (2012), gempa bumi adalah bergetarnya permukaan tanah karena pelepasan energi secara tiba-tiba akibat dari pecah/slipnya massa batuan di lapisan kerak bumi. Penelitian ini menggunakan bangunan perkuliahan yang terletak di Kota Tangerang dengan jumlah lantai 22 lantai. Analisis ragam respons spektrum (Response Spectrum Analysis) adalah suatu cara analisis dinamik struktur dimana pada suatu model matematik dari struktur diberlakukan suatu spektrum respons gempa rencana dan berdasarkan hal itu ditentukan respons spektrum terhadap gempa rencana tersebut melalui superposisi dari respons masing-masing ragamnya. Sedangkan analisis respons riwayat waktu (Time Histories Analysis) adalah suatu cara analisis dimana model matematik dari struktur dikenakan riwayat waktu dari gempa-gempa hasil pencatatan atau dari gempa-gempa tiruan, untuk menentukan riwayat waktu dari respons struktur. Penelitian ini perlu dilakukan untuk meninjau seberapa besar tingkat kekakuan dan kekuatan perbandingan shear wall dengan 3 desain terhadap struktur tinggi menggunakan analisis respons spektrum dan analisis dinamik riwayat waktu (time history) berdasarkan SNI 1726:2019.  Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kekuatan, kekakuan, dan perbandingan shear wall terhadap struktur Gedung perkuliahan di Kota Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur, pengumpulan data, modelling struktur menggunakan Software ETABS, dan analisis dengan menggunakan beban gempa respons spectrum dan time history. Hasil yang di dapat pada analisis tersebut  di dapatkan Dari pengecekkan gaya geser dinamik, displacement dan hasil kontrol kinerja batas layan serta kontrol kinerja batas ultimit dengan menggunakan analisis respons spectrum dan analisis time history perletakan shearwall yang paling optimum adalah pada desain 2 menggunakan analisis time history Chi - chi Taiwan.

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, F. Budi, A.S. & Wibowo. 2013. Evaluasi Kinerja Struktur pada Gedung Bertingkat dengan Analisis Dinamik Respon Spektrum menggunakan software etabs. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Erlangga, M.D. 2021. Analisis Pemakaian Dinding Geser (Shear Wall) pada Desain Struktur Bangunan Tinggi. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Tangerang.

Nugroho, F. 2017. Pengaruh Dinding Geser Terhadap Perencanaan Kolom dan Balok Bangunan Gedung Beton Bertulang. Vol. 19 No. 1. 1 Februari 2017 (Halaman 19 – 26).

PEER Ground Motion Database. 2014. Diakses pada 26 Agustus 2022, dari https://ngawest2.berkeley.edu/.

Putra, A. 2018. Analisis dan Desain Struktur Beton Bertingkat Banyak Berdasarkan Hasil Perbandingan Analisis Respons Spektrum dan Dinamik Riwayat Waktu. Diakses dari https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12970.

Standar Nasional Indonesia. 2019. Tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur bangunan Gedung dan non Gedung. SNI 1726. Manggala Wanabakti. Jakarta.

Standar Nasional Indonesia. 2020. Beban minimum untuk perancangan bangunan gedung dan struktur lain. SNI 1727. Manggala Wanabakti. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v12i1.7438

Article Metrics

Abstract - 275 PDF - 241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2