Analisis Karakteristik Traksi Pada Kendaraan Gokart Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Kemendikbud

Yafid Effendi

Abstract


Karakteristik traksi pada kendaraan meliputi kemampuan kendaraan untuk dipercepat, dan mengatasi hambatan-hambatan. Hambatan aerodinamis, dipengaruhi oleh kemampuan mesin kendaraan dan pemilihan tingkat ratio pemindah tenaga. Untuk menggerakkan kendaraan dibutuhkan gaya dorong yang cukup untuk melawan semua hambatan yang terjadi pada kendaraan. Penelitian yang dilakukan pada perancangan dan analisis karakteristik traksi pada kendaraan yang digunakan pada gokart urban diesel KMHE. Untuk mencari nilai kompresi awal dan nilai kompresi akhir pada saat langkah hisap dan mencari berapa nilai out put yang dihasilkan beserta nilai efisiensi pada mesin diesel Yutsimoto Mdx-186 Fa. Dengan menggunakan beberapa variabel dengan cara pengukuran dan perhitungan tempratur pada beberapa waktu dan putaran mesin, dengan melakukan observasi dan analisa pada mesin Matsumoto Mdx-186 FAE untuk mendapatkan data perbandingan sehingga didapatkan  nilai yang akurat dan optimal. Analisa dilakukan dengan melakukan perhitungan temperatur suhu awal pada mesin gokart urban diesel yaitu mesin diesel Matsumoto Mdx-186-FAE  mengggunakan alat ukur temperatur gauge mesin diesel. Pada kendaraan kecepatan yang diinginkan saat dikendarai di jalan aspal adalah 30 km/jam. Daya motor yang diinginkan didapatkan daya untuk menghandle traksi yang terjadi adalah sebesar 5670 watt. Sementara daya yang dimiliki mesin diesel adalah sebesar 10 Hp atau sekitar 7457 watt. Derajat tanjakan yang mampu dilalui pada saat kendaraan berkecepatan tetap di pengunaan rantai adalah sebesar 28,6%.  Dari analisa perhitungan didapatkan traksi kendaraan yaitu 4573 N ketika torsi kendaraan mencapai 60 N.m dan jika terjadi tanjakan 15% maka kendaraan masih mampu melaju dikarenakan traksi tanjakan 3978 N<4573 N.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v12i1.8297

Article Metrics

Abstract - 488 PDF - 603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2