PERANCANGAN POMPA SENTRIFUGAL DAN DIAMETER LUAR IMPELLER UNTUK KEBUTUHAN AIR KAPASITAS 60 LPM DI GEDUNG F DAN D UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Riki Candra Putra

Abstract


Pompa sentrifugal adalah jenis pompa yang bekerja berdasarkan energi kinetik dan energi potensial, yaitu mengubah energy kecepatan menjadi energi tekanan dan energi kecepatan. Pompa merupakan salah satu jenis mesin yang berfungsi untuk memindahkan zat cair dari suatu tempat ke tempat yang diinginkan. Pada gedung F dan D di Universitas Muhammadiyah Tangerang digunakan untuk mengambil air dalam tanah menuju ke tendon air di atap gedung.

Pada Gedung F dan gedung D di Universitas Muhammadiyah Tangerang diambil rata-rata kapasitas 60 LPM untuk kedua gedung, dan dilakukan perhitungan total Head sebesar 92,87 m berdasarkan panjang pipa dan kerugian-kerugian yang terjadi, sehingga didapat daya poros 2,6 kW pada gedung F dan gedung D, kemudian dapat ditentukan masing-masing daya motor penggerak dengan mengkalikan safety factor sebesar 1.15.

Berdasarkan perbandingan antara daya poros dengan daya motor, maka nilai efisiensi untuk pompa F dan D adalah sebesar 35%. Untuk itu dapat diambil kesimpulan bahwa efisiensi pompa tersebut diambil agar safety factor pompa tersebut tinggi. Sehingga didapat hasil perhitungan diameter luar impeller sebesar 246 mm, yang merupakan acuan teoritis untuk ukuran diameter.


Full Text:

Untitled PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v7i1.937

Article Metrics

Abstract - 587 Untitled - 0 PDF - 372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.