PEMETAAN TATA KELOLA TI DAN ANALISA FAKTOR PENGHAMBATNYA : STUDI KASUS PT BANK DNM, TBK

Alfian MKom

Abstract


Pemenuhan penyediaan informasi yang akurat dan tepat waktu dalam  penggunaan, pengelolaan, efektifitas dan pertanggung jawaban dalam sektor perbankan adalah sebuah keharusan. Sebagai sebuah high regulation industry, maka dibutuhkan sebuah Tata Kelola yang baik untuk semua sektor termasuk di bidang Teknologi Informasi (TI), terutama dalam pelaksanaan prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Permasalahan Faktor-faktor yang mendukung dan mempengaruhi dalam penerapan tata kelola TI pada perbankan khususnya pada Bank DNM coba diangkat dalam penelitian Tesis ini. Penelitian menggunakan framework IT Governance sebagai metode analisisnya, yaitu : Struktur, proses, Mekanisme Hubungan; Weill & Ross; ITGI; dan AS8015. Kemudian dari hasil pemetaan yang didapat akan dirumuskan permasalahan-permasalahan yang dihadapi Bank DNM dalam tata kelola TI nya. Perumusan permasalahan kemudian dipetakan kedalam Fishbone Analysis dan coba diberikan solusinya menggunakan Best Practice COBIT 4.1 Dari hasil penelitian ini diharapkan Bank DNM dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhannya dalam hal penyediaan informasi untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya di sektor perbankan.

Kata kunci : IT Governance, Good Corporate Governance, COBIT 4.1


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v7i1.941

Article Metrics

Abstract - 766 PDF - 1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.