PURWARUPA SISTEM OTOMASI GEDUNG (BUILDING AUTOMATION SYSTEM PROTOTYPE) BERBASIS RAPIDMINER SEBAGAI DATA BASE

Ilham Pratama, Bayu Purnomo, Fajar Gumilang

Abstract


Purwarupa Sistem Otomasi Gedung (Building Automation System Prototype)  Berbasis RapidMiner Sebagai Data Base yang dirancang untuk pemantauan kelembaban, suhu, gempa bumi dan kebakaran melalui web server berbasis komputer serta sistem peringatan darurat yang akan memberikan pemberitahuan seperti suhu, kelembaban, alarm informasi kebakaran/asap dan gempa bumi yang nantinya akan memberikan informasi ke Blynk untuk keselamatan penghuninya. Dilakuan pengambilan data dengan melakukan percobaan salama kurun waktu 1 minggu, sehingga data tersebut di olah kemudian data tersebut di import pada aplikasi RapidMiner dengan Naïve Bayes sebagsi klasifikasi pada aplikasi RapidMiner merupakan klasifikasi data serta mencari akurasi dan data error terhadap data percobaan dari data yang diperoleh pada model kelembaban dan suhu dengan standar dan tidak standar, diperoleh 1150 prediksi tidak standar untuk data tidak standar, 14 prediksi tidak standar untuk data standar dan akurasi kelas 98,80% bila data memiliki pembacaan yang akurat. Data upaya identifikasi peran data prediktif pada kelompok peran kedua untuk data eksperimen adalah 1381 data prediksi standar hingga non-standar, data prediksi standar hingga non-standar dengan akurasi recall class setinggi data callback layer 45.44%. Data yang diperoleh pada simulasi data sistem otomasi gedung memiliki nilai akurasi sebesar 45,19% dan Akurasi sebesar 54,81% yang artinya selama percobaan sistem peralatan memiliki akurasi pengukuran Kelembaban dan suhu yang tidak optimal sesuai dengan data yang diperoleh selama kelembaban dan suhu.

Kata kunci : Building Automation System, Data Base, Web Server, RapidMiner, Naive Bayes

Keywords


Kata kunci : Building Automation System, Data Base, Web Server, RapidMiner, Naive Bayes.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, D., Prayogi, U., Asnur, S., Aini, Q., & Santoso, F. (2023). Rancang Bangun Prototype Smarthome Pada Rumah Tipe 36 dengan Kendali Smartphone Berbasis IOT (Internet Of Things). SEFA MEDIA UTAMA.

Agustina, S. (2023). PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN DAN AUTOMASI RUMAH PINTAR BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Jurnal Teknologi Terkini, 3(1).

Hildayanti, A., & Machrizzandi, M. S. (2020). Sistem Rekayasa Internet Pada Implementasi Rumah Pintar Berbasis IoT. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 6(1), 45–51.

Ishomyl, M. (2020). Implementasi Wireless Sensor Network Pada Simulasi Peringatan Gempa Bumi Menggunakan Sensor SW-420. Jurnal Jaringan Telekomunikasi (Journal of Telecommunication Networks), 10(1), 38–44.

Khakim, L., Afriliana, I., Nurohim, N., & Rakhman, A. (2022). Proteksi Kebocoran Gas LPG Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroler. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 40–47.

MIKROCONTROLER, R. P. B. B. D. A. N., & UNO, A. (n.d.). DENGAN KONTROL APLIKASI ANDROID (NAZMI MUHTAR, IRSAN IRAWAN, NAZAR MUHAMAD RIDHO).

Muliadi, M., Imran, A., & Rasul, M. (2020). Pengembangan tempat sampah pintar menggunakan ESP32. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 73–79.

Mulyana, A., Rahmawati, S., Rahman, R., & Permatasari, Z. N. (2022). ALAT PENGONTROL PERANGKAT ELEKTRONIK BERBASIS IOT MENGGUNAKAN BLYNK DAN GOOGLE ASSISTANT. Journal of Computer Science and Technology, 2(1), 30–35.

Murad, R. F., Almasir, G., & Harahap, C. R. (2022). Pendeteksi Gas Amonia Untuk Pembesaran Anak Ayam Pada Box Kandang Menggunakan Mq-135. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 3(1), 120–130.

Nugraha, F. A., Harani, N. H., & Habibi, R. (2020). Analisis Sentimen Terhadap Pembatasan Sosial Menggunakan Deep Learning. Kreatif.

Prakoso, B. L., Singgih, H., & Pracoyo, A. (2020). Sistem Pengaturan pada Ruang Proses Fermentasi Tape Menggunakan Metode Fuzzy Logic. Jurnal Elkolind: Jurnal Elektronika Dan Otomasi Industri, 4(1), 44–52.

Programing, S. (2020). Menampilkan Text Pada LCD 16x2 I2C Arduino. Www.Sinauprogramming.Com.https://www.sinauprogramming.com/2020/10/menampilkan-text-pada-lcd-16x2-arduino.html

Putra, D. A., Pangaribuan, P., & Wibowo, A. S. (2020). Sistem Kendali Otomatis Pada Prototype Pintu Pengairan Petak Sawah Terasering Di Daerah Lemukih Bali. EProceedings of Engineering, 7(2).

Rezalti, D. T., & Susetyo, A. E. (2020). Kadar suhu dan kelembaban di ruang produksi wedang uwuh universitas sarjanawiyata tamansiswa. Industrial Engineering Journal of The University of Sarjanawiyata Tamansiswa, 4(2).

Simbolon, C. G., Hanuranto, A. T., & Novianti, A. (2020). Desain Dan Implementasi Prototipe Pendeteksi Dini Kebakaran Gedung Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic Berbasis Internet Of Things (IOT). EProceedings of Engineering, 7(2).

Sokibi, P., & Nugraha, R. A. (2020). Perancangan Prototype Sistem Peringatan Indikasi Kebakaran Di Dapur Rumah Tangga Berbasis Arduino Uno. Jurnal Digit, 10(1), 11–22.

Utama, C. C., Syahputra, T., & Iswan, M. (2021). Implementasi Teknik Counter Pada Air Mancur Untuk Membuat Animasi Air Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. JURNAL TEKNISI, 1(1), 13–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v12i2.9700

Article Metrics

Abstract - 154 PDF - 72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2