PERANCANGAN MONITORING LAMPU MATI PADA BANGUNAN BERTINGKAT BERBASIS IOT

Bayu Purnomo, Muhammad Ainul Yakin

Abstract


 

Instalasi bangunan gedung pada saat ini sudah melewati perencanaan yang demikian matang sehingga diharapkan umurnya menjadi panjang dan keandalannya dapat dipertanggung jawabkan. Tetapi pada kenyataannya banyak terjadi Instalasi listrik pada bangunan gedung yang belum ditangani dengan baik sehingga umur operasinalnya menjadi pendek, dan keandalannya menjadi berkurang.

Sebagai contoh pada Instalasi penerangan bangunan gedung dalam hal ini adalah lampu listrik, pengoperasional maupun monitoring lampu, masih menggunakan cara-cara konvensional yang tidak praktis dan kadang kadang justru mengurangi kehandalan instalasi penerangan tersebut. Oleh sebab itu dibuatlah sebuah alat monitoring lampu mati pada bangunan bertingkat menggunakan sensor ACS712 sebagai input utama, jaringan internet sebagai input tambahan untuk mengkoneksikan ke sistem IOT, Arduino UNO dan NodeMCU ESP8266 sebagai prosessornya, Hasilnya berupa database nilai arus dan tipe golongan nilai arusnya seperti “NO LOAD”, “MATI 2”, “MATI 1”, “ ON ALL”, yang tertampil pada LCD, aplikasi BLYNK, dan web based via ThingSpeak. Selain itu, dipasanglah sebuah indikator buzzer, untuk mengindikasikan adanya lampu yang mati di gedung bertingkat tersebut.

Kata kunci : ACS712, BLYNK, Buzzer, IOT, LCD, ThingSpeak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jte.v5i2.7032

Article Metrics

Abstract - 112 PDF - 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro



CURRENT INDEXING JTE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------