RANCANG BANGUN PROTOTYPE KANOPI OTOMATIS PADA CAFE ROOFTOP MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266 DENGAN APLIKASI BLYNK

Sri Mulyati, Bayu Purnomo Purnomo, Azis Imanudin

Abstract


Saat ini café di rooftop merupakan tempat dimana banyak diminati oleh banyak orang untuk menikmati makanan dan minuman serta mendapatkan pemandangan sekitar. Sebagian desain ada yang memiliki kanopi untuk melindungi pengunjung dari hujan dan terik panas  matahari, sehingga pengunjung tidak dapat menikmati pemandangan apabila terkendala cuaca yang tidak  bersahabat. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti membuat model sistem kanopi otomatis. Sistem kanopi ini menggunakan mikrokontroller nodemcu esp8266, Oleh sebab itu dibuat alat kanopi otomatis yang bisa membuka atau menutup atap dengan keadaan cuaca disekitar, dan menambahkan pemanas tambahan jika dibutuhkan. Berdasarkan hasil pengujian alat, atap akan membuka dan menutup secara otomatis sesuai dengan inputan dari LDR (Light Dependent Resistor) dan sensor hujan, jika cahaya yang ditangkap oleh LDR (Light Dependent Resistor) melebihi atau dibawah titik jangkauan yang sudah ditentukan dan memberikan sinyal tegangan terhadap Relay atau menghidupkan motor. Sensor Hujan yang disimpan di luar ruangan pada kondisi cuaca hujan dan tidak hujan, sensor mendapatkan data hasil pengujian ketika basah (cuaca hujan) tegangan (V) adalah keluaran 1 dan pengujian sensor hujan ketika kering (cuaca tidak hujan) tegangan (V) adalah keluaran 0 dan memberikan sinyal tegangan dan  menghidupkan motor, dan Aplikasi Blynk akan menampilkan hasil data yang didapat

Keywords


NodeMCU ESP8266, Sensor Hujan, Sensor LDR (Light Dependent Resistor), Atap kanopi otomatis

Full Text:

PDF PDF

References


A. R. Gunawan, A. Gunaryati, and U. Darusalam, “Sistem Monitoring Kanopi Pintar Secara Real-time Berbasis IOT’, STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), STRING: Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi, vol.5, no.3, pp. 245-251, 2021.

A. Saefullah, D. I. Desrianti, and M. R. Kurniawan, “Pengontrolan buka tutup atap dan blower otomatis untuk jemuran menggunakan mikrokontroller arduino uno berbasis android,” vol. 2, no. 2, pp. 99–108.

S. Utama, A. Mulyanto, M. A. Fauzi, and N. U. Putri, “Implementasi Sensor Light Dependent Resistor ( LDR ) Dan LM35 Pada Prototipe Atap Otomatis Berbasis Arduino,” vol. 2, no. 2, pp. 83–89, 2018.

K. Hendriawan, “Atap Otomatis Sensor Suhu, Air Dan Tenaga Surya (Alas Tsusu),” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 46–52, 2015, doi: 10.21831/elinvo.v1i1.10883.

M. I. Mahendar Dwi Payana, Winni Mulia, “Perancangan Prototipe Sistem Tutup Kanopi Otomatis Pada,” J. Informatics Comput. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2019.

Kurnia, M., Warsito, A., Fisika, J., & Cendana, U. N. (n.d.). Cuaca, Arduino Uno, sensor suhu LM35, sensor hujan YL83, IDE Arduino, atap, pemanas. 3




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jte.v7i2.9806

Article Metrics

Abstract - 650 PDF - 259 PDF - 126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

CURRENT INDEXING JTE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------