CITRA PEREMPUAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AMBA KARYA LAKSMI PAMUNTJAK

Muhammad Aziz Rizaldi, Eko Sri Israhayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengklasifikasikan dan mendeskripsikan citra perempuan tokoh utama dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode analisis deskriptif dengan kajian pustaka. data penelitian berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf berupa ujaran atau deskripsi yang menggambarkan adanya citra perempuan pada tokoh utama dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak. Sumber data penelitian ini yaitu novel Amba karya Laksmi Pamuntjak. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan baca dan catat. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa citra perempuan dibagi menjadi empat, yaitu (1) citra fisik perempuan, (2) citra psikis perempuan, (3) citra perempuan dalam keluarga dan (4) citra perempuan dalam masyarakat. Citra fisik tokoh Amba tergambarkan sebagai perempuan yang cantik, anggun dan awet muda. Citra psikis tokoh Amba digambarkan sebagai sosok yang berani dalam mengambil keputusan yang terbaik untuk dirinya, ia juga digambarkan sebagai perempuan yang berpendidikan padahal di tahun 50-an perempuan masih jarang sekali yang memikirkan arti penting dari pendidikan, Amba juga merupakan sosok perempuan yang masih menggunakan perasaan, sama seperti perempuan lain, ia juga masih memiliki perasaan cinta dan kasih terhadap sesama. Sedangkan, citra tokoh Amba dalam keluarga digambarkan peranannya sebagai anak, kakak, istri, dan ibu. Citra tokoh Amba dalam masyarakat digambarkan sebagai perempuan yang berani mengambil keputusan untuk melakukan hubungan lebih dekat dengan laki-laki yang dicintainya.

 

Kata kunci: tokoh utama, citra perempuan, novel


Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugrahani. (2017). Pengkajian Sastra: Teori dan Aplikasi. Cetakan I. (Cetakan II 2019). Surakarta: CV. Djiwa Amarta.

Herawati, Lilik. (2021). Kritik Sastra. Depok: CV. Zenius Publisher.

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. pdf. Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Pamuntjak, Laksmi. (2021). Amba. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santosa, Puji. (2015). Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta: Azzagrafika.

Sugihastuti dan Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyatmi. (2017). Perempuan dan Bumi dalam Sastra: dari Kritik Sastra Feminis, Ekokritik, sampai Ekofeminis. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Cetakan III. (Cetakan I 2004). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10079

Article Metrics

Abstract - 208 PDF - 96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats