PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DASTING (CERDAS MENYUNTING) BERBASIS FLIPBOOK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS PERADABAN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar e-Modul dasting berbasis Flipbook untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap mengikuti rancangan 4-D model dari Thiagarajan yang meliputi 1) define, 2) design, 3) development, dan 4) disemination. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester 5 FKIP, Universitas Peradaban. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil pengujian bahan ajar e-Modul Dasting Berbasis Flipbook layak dan valid digunakan. Hasil validasi dari ahli materi dinyatakan sangat valid dengan prosentase 87,2%, hasil uji validasi ahli bahasa dengan prosentase 88.3%. dan hasil validasi dari ahli media sebesar 88%. Sementara itu, terkait dengan uji kepraktisan e-modul Dasting berbasis flipbook dalam kegiatan pembelajaran diperoleh hasil 82.53%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.
Kata kunci: e-modul, dasting, flipbook, penyuntingan
Full Text:
PDFReferences
Eneste, P.(2017). Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Jakarta: Gramedia.
Geiser, S., & Studley, with R. UC and the SAT. (2022). Predictive Validity and Differential Impact of The SAT I and SAT II at the University of California. Educational Assessment. 8.1. 1–26.
Heriyudanta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. 1.1. 48
Khabibah, N. (2020, January 5). Penyuntingan Media Online pada Artikel Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.31227/osf.io/v2nm8.
Noviantari, W.(2013). Penerapan Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Kemampuan Menyunting Karangan Argumentasi Siswa Kelas XD SMA Negeri 1 Selemadeg. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 1.5.
Rustina, T.(2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menyunting Karangan Siswa Kelas IX SMPN 1 Cimanggu. 5.1
Sugianto, D.et al.(2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital.
Innovation of Vocational Technology Education, 9.2 101–116.
Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Traininng Teacher of Exceptional Children A Source Book. Indiana University.
Wakhyudi, Yukhsan & Fitriyani, Nur. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Outbond Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VB MI Tarbiyatul Athfal Pruwatan. Jurnal Metafora. 5. 2
Wardani, Dinda Aulia & Joni Susilowibowo.(2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Scientific Approach Dalam Pembelajaran Daring pada Materi Persediaan Kelas XI di SMK Yapalis Krian. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 15.2
Widodo, Arif, et al. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram. Didika: Wahana Il
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.10086
Article Metrics
Abstract - 89 PDF - 62Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.