ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM KEGIATAN DISKUSI SISWA KELAS VIII SMPN 11 KOTA JAMBI

Faiga Aulia Maharani, Akhyaruddin Akhyaruddin, Nurfadilah Nurfadilah, Andiopenta Purba

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan dan prinsip kerja samapada pembelajaran Bahasa Indonesia saat berdiskusi oleh siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Jambi. Metode dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan siswa dengan guru dan siswa dengan siswa pada saat berdiskusi. Sumber data penelitian ini adalah para siswa dan guru di SMPN 11 Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh menggunakan teknik simak. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 data dari prinsip kesantunan yang meliputi 6 data pematuhan maksim kesantunan dan 6 pelanggaran maksim kesantunan, serta 8 data prinsip kerja sama yang meliputi 4 data pematuhan maksim kerja sama dan 4 data pelanggaran maksim kerja sama.

Kata kunci: prinsip kesantunan, prinsip kerja sama, diskusi, siswa


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Setyonegoro, A., Akhyaruddin, H. Y. (2021). Analisis Teori-Teori Kesantunan Berbahasa Untuk Pengayaan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara. Jurnal Pena, 11(1).

Akhyaruddin, dkk. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Debat Politik Calon Bupati Kabupaten Kerinci Tahun 2018. Jurnal Pena. 7(2). 94-108.

Maharani, A. R., dan Albertus Sinaga, Ak. (2022). Prinsip Sopan Santun Guru DalamPembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas Di Kelas VII A SMP Negeri 16 Kota Jambi. Sibatik Journal, 1(10). 2031-2028.

Cahyaningrum, F., Andayani, & Setiawan, B. (2018). Kesantunan Berbahasa Siswa Dalam Konteks Negosiasi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 1–23.

Fauziah, M. T., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2018). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Tuturan Diskusi Kelas Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 51. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v3i2.722

Grice, H. P. (1991). Logical and Conversation. New York: Oxford University Press.

Navera, A., Akhyaruddin, & Purba, A. (2022). Penerapan Maksim Kesantunan Tindak Tutur Siswa dan Guru pada Pembelajaran Teks Drama. Jurnal Sastranesia, 10(3), 11–24.

Purba, A. (2022). Sosiopragmatik: Suatu Kajian Teoritis. Komunitas Gemulun Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trinaldi, A., Wiyotinoyo, M., & Priyanto. (2020). Prinsip Kerja Sama Dalam Berdiskusi Siswa Kelas VIII. Jurnal Bindo Sastra, 4(17–28).

Widyasari, S. N., Indrahastuti, T., & Elyana, K. (2022). Analisis Kesantunan Berbahasa Pada Grup Whatsapp Wali Kelas MI Al-Hikmah Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Adjektiva: Educational Language and Literature Studies, 5(2), 73–84




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.10883

Article Metrics

Abstract - 605 PDF - 399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats