UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA SIKATA DI KELAS II SD BANTUL TIMUR

Dwi Rahayu Laili Yuliyati, Dian Meitikasari, Rasidi Rasidi, Tria Mardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan keterampilan menulis melalui model quantum learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas II SD Bantul Timur. Penelitain ini menggunakan model Quantum learning berbantuan media SIKATA. Penelitian ini merupakan peneitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas II SD N Bantul Timur. Objek penelitian ini kegiatan proses pembelajaran keterampilan menulis pada siswa kelas II SD N Bantul Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Berdasarkan hasil dari penelitian membuktikan bahwa keterampilan menulispermulaan dengan model Quantum learning berbantuan media SIKATA pada siklus I diperoleh hasil hanya 13 siswa yang mencapai nilai ketuntasan jika dipresentasekan sebesar 46,4%. Pada siklus II terdapat 25 siswa dengan presentase 89,2% yang telah mencapai batas tuntas dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 57. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis permulaan dengan model Quantum learning berbantuan media SIKATA berhasil digunakan dalam peningkatan keterampilan menulis.

Kata kunci: Menulis Permulaan, Quantum learning, Sikata


Full Text:

PDF

References


Ansori. (2015). Model Pembelajaran. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian

Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Kasdanel, P. (2020). Efektivitas Sensori Integrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Anak Autis di TI-JI Home Schooling Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(Mei), 248–255.

MS, Z., Siregar, Y., & Rachmatullah, R. (2017). Keterampilan Menulis Narasi

Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar, 8(2), 112–123.

Praheto, B. E., & Sayekti, O. M. (2021). Metode 2M2Pr Berbasis Quantum Learning dan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TRIHAYU, 7(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10232

Prasetyaningtyas, F. D. (2019). Inovasi Model Quantum learning Menggunakan Teori Apersepsi Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pendidikan IPS SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.2682

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Keterampilan Menulis : Sebuah Upaya Membangun. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id

Turnip, J., & Panjaitan, K. (2015). Penerapan Model Quantum learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Autocad Teknik Gambar Bangunan. Jurnal

Teknologi Pendidikan (JTP), 7(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v7i2.1856

Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi

Informasi, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.10972

Article Metrics

Abstract - 131 PDF - 94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats