MORFOLOGIS FORMS LEKSIKON PERKAWINAN ADAT MASYARAKAT SASAK KABUPATEN LOMBOK UTARA

Akhmad Akhmad, Muhammad Aris Akbar

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperbaharui kosa kata masyarakat suku Sasak. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan korpus data leksikon perkawinan adat masyarakat Kabupaten Lombok Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam mencapai tujuan penelitian metode penentuan subjek penelitian, 2) metode pengumpulan data, dan 3) metode analisis data. Metode penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, yakni memilih informan sesuai dengan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, catatan lapangan, dan teknik rekam baik audio maupun video. Metode analisis data menggunakan metode padan dan metode agih, dan metode penyajian analisis data menggunakan metode formal dan informal. Leksikon adat perkawinan masyarakat Sasak Kabupaten Lombok Utara, mempunyai morfologis form: leksikon bentuk kata atau kelompok kata, leksikon bentuk kata benda, leksikon bentuk simbol adat, dan leksikon bentuk status sosial.

Kata kunci: morfologi, leksikon adat perkawianan.


Full Text:

PDF

References


Amrulloh, M. A., dan Himmah, R. H. 2017. Analisis Perubahan Morfologis PembentukanTa’rib dan Pembelajaran. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol 2 No 2 PP 87-96.

Fathiyaturrohmah, dan Hidayati, T. Y. N. 2016. Infleksi Verba Dasar Berpola Fa’ala-Yaf’ulu dalam Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia: Tinjauan Morfologi. Jurnal CMES. Vol 9 No 1 PP 55-72.

Ihsani, B. Y., dan Hilmiyatun. 2023. Bentuk Morfologi Leksikon yang DIgunakan dalam Tradisi Merariq Masyarakat Suku Sasak di Lombok. Madani:Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol 1 No 1 PP 601-614.

Sudaryanto. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11038

Article Metrics

Abstract - 61 PDF - 38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats