PROFIL KEMAMPUAN LITERASI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH MAUMERE

Fatmawati Fatmawati, Gustia Haryati, Nurul Azmy Rustan, Afifah Istiqomah

Abstract


Literasi bahasa merupakan kecakapan dalam mendapatkan dan mengolah informasi guna pengembangan potensi. Literasi bahasa menjadi sesuatu yang penting bagi peserta didik karena dapat mempengaruhi kemampuan lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Maumere. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Maumere. Adapun subjek penelitian ialah siswa kelas XII SMA Muhammadiyah maumere yang berjumlah 31 orang yaitu 17 orang dari kelas XII IPS, dan 14 orang dari kelas XII MIPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan penelitian tersebut, profil kemampuan literasi bahasa Indonesia siswa kelas XII SMA Muhammadiyah Maumere masuk dalam kategori tidak baik. Penyebabnya ialah ketidaksiapan peserta didik saat melaksanakan tes literasi Bahasa Indonesia. Selain itu, peserta didik tidak cukup serius dalam mengerjakan soal-soal yang telah diberikan. Sebab soal-soal yang diberikan berupa pilihan ganda dalam bentuk google form, peserta didik sebatas mengklik pilihan jawaban A, B, C, D, atau E, dan memilih jawaban Ya atau Tidak, tanpa membaca wacana dan perintah soal. Siswa juga terlalu tergesa-gesa dalam mengerjakan soal-soal tersebut, sehingga tersisa banyak waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk memperhatikan kembali jawaban yang telah dipilih.

Kata kunci: profil kemampuan, literasi bahasa, bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179-191.

Bagga-Gupta, S., Laursen, H., P., dan Golden, A. 2019. Bridging Language, Literacy and Learning. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-26994-4_2.

Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247. https://doi.org/10.5281/zenodo.7032283.

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119.

OECD (2016). PISA 2016 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD (2019). PISA 2019 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing, https://doi.org/10.1787/b2Sefab8-en.

Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student

Research, 1(1), 102-113.Frankel, K., Becker, B., Rowe, M., Pearson, P.D., (2016). From “What is Reading?” to what is Literacy? J. Educ. 196 (3), 7–17.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, 2(2), 11-21

Lestari, L., D., Ratnasari, D., dan Usman. (2022). Profil Kemampuan Literasi Bahasa, Literasi Budaya dan Kewargaan pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.Indonesian Journal of Educational Development, 3(3), 312-319. DOI:10.5281/zenodo.7365078.

Malawi, I., Triyanasari, D., Kartikasari, A. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Kearifan Lokal. Magetan: AE Media Grafika.

Marmoah, S., & Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, S. (2022). Literacy Culture Management Of Elementary School In Indonesia. Heliyon, 8(4), e09315.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Merta, I. W., Artayasa, I. P., Kusmiyati, K., Lestari, N., & Setiadi, D. (2020). Profil Literasi Sains dan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Pijar MIPA, 15(3), 223-228.

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa, 7(1), 113-120.

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Yulianingsih, W., Lestari, G. D. & Rahma, R. A. (2018). Parenting Education Dalam Literasi Budaya dan Kewargaan. Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia, 55-58. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/article/view/10102/5849




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11069

Article Metrics

Abstract - 44 PDF - 40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats