ANALISIS FEMINISME LIBERAL PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ‘AMBA’ KARYA LAKSMI PAMUNTJAK

Rifa Aulia, Yusro Edy Nugroho, Teguh Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif feminisme liberal yang terkandung dalam karakter tokoh utama ‘Amba’. Dalam novel ini, tokoh ‘Amba’ digambarkan sebagai perempuan yang kuat dan tegas yang berjuang untuk hak-hak perempuan atas dasar kebebasan, kesetaraan, dan kemampuan untuk mengejar aspirasi tanpa dibatasi oleh norma-norma sosial. Bentuk ketidakadilan gender dan perjuangan tokoh utama ditinjau dari segi feminisme liberal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari data deskriptif berupa kalimat kutipan dan gambaran perjuangan tokoh utama dalam novel yang diamati. Sumber data penelitian ini adalah novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak. Metode pengumpulan data adalah teknik baca dan catat, dan teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa adanya ketidaksetaraan gender dan perjuangan perempuan dalam meraih hak-haknya. Amba menjadi simbol perlawanan terhadap ketidaksetaraan gender dan aspirasi individu perempuan untuk meraih kebebasan penuh.

Kata Kunci: Novel, Tokoh Utama, Feminisme Liberal


Full Text:

PDF

References


Fitriani, N., Uum, Q., Sumartini. (2018). Citra Perempuan Jawa dalam Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahyuningsih: Kajian Feminisme Liberal. Jurnal Sastra

Indonesia, Vol 7 No 1 .

Kosasih. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Musrifah, M. (2018). Feminisme LIberal dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu Karya Zhaenal Fanani. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan

Pengajarannya, 2(1).

Nasri, U. (2015). Akar Historis Pendidikan Perempuan Refleksi Pemikiran TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid. Deepublish.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

Pamuntjak, Laksmi. Amba. (2012). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rizki, A., Sulistyowati, E. D., & Hanum, I. S. (2021). Feminisme Liberal Tokoh Utama dalan Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya, Vol 5 No 1 PP 16-27.

Rohtama, Y. (2018). Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Pelabuhan Terakhir Karya Roidah: Kajian Feminisme Liberal. Jurnal Ilmu Budaya Vol, Vol 2 No 3 PP 221-232.

Rohtama, Y. (2018). Perjuangan tokoh utama dalam novel pelabuhan terakhir karya Roidah: kajian feminisme liberal. Jurnal Ilmu Budaya Vol, Vol 2 No. 3.

Rokhmansyah. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiharto, N. (2020). Perundungan dan Akibat bagi Tokoh dalam Novel Virgin Karya Agung Bawantara sebagai Alternatif Pembelajaran Menganalisis Pesan dari Novel untuk SMA. In Seminar Nasional Literasi, Vol 5 PP 455-473.

Wellek, R dan Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta : Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11072

Article Metrics

Abstract - 67 PDF - 99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats