PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU BAHASA INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan profil pelajar Pancasila dalam buku bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X. Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan wacana yang memuat penerapan Profil Pelajar Pancasila pada buku ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VII dan SMA kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen penelitian merupakan peneliti yang dibekali teori mengenai Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, peneliti dilengkapi dengan instrumen berupa kartu data yang memuat Profil Pelajar Pancasila. Instrumen tersebut divalidasi dengan validasi konten oleh pakar (expert judgement). Keabsahan data dilakukan dengan teknik pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi atau Focus Group Discusion (FGD). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam buku bahasa Indonesia jenjang sekolah menengah terdapat penerapan Profil Pelajar Pancasila meliputi dimensi (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.
Kata kunci: bahasa indonesia, buku, penerapan, profil pelajar pancasila
Full Text:
PDFReferences
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul, 6(1), 1224–1238.
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
Kemdikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
KPAI. (2021). Data Kasus Perlindungan Anak. Https://Bankdata.Kpai.Go.Id/TabulasiData/Data-Kasus-Perlindungan-Anak-2016-2020.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc.
Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai Kearifan Lokal Bali dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6182–6195.
Saripudin, D., Fauzi, W. I., & Nugraha, E. (2022). The development of interactive Ebook of local history for senior high school in improving local wisdom and digital literacy. European Journal of Educational Research, 11(1), 17–31. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.1.17
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan
Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemdikbudristek.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167.
https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Suttrisno, & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna
Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah di
Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan , 12(1).
Vu, T. Van. (2021). The impact of social networking sites on study habits and
interpersonal relationships among Vietnamese students. Journal of Language and Education, 7(1), 206–218. https://doi.org/10.17323/jle.2021.9818
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11113
Article Metrics
Abstract - 69 PDF - 52Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.