ASSESMEN DIAGNOSTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DI SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI

Suci Triama Rizka, Rustam Rustam, D Yusra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asesmen diagnostik dalam pembelajaran menulis teks tanggapan di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Subjek penelitiannya ialah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII G. Penelitian ini difokuskan pada proses penerapan asesmen diagnostik dalam pembelajaran teks tanggapan. Jenis penelitiannya adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu data asesmen diagnostik kognitif berupa tes tertulis, dan asesmen diagnostik nonkognitif berupa gaya belajar siswa, serta wawancara bersama guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VII terkait proses penerapan asesmen dalam pembelajaran teks tanggapan. Hasil penelitian ini menujukkan penerapan asesmen diagnostik kognitif dan nonkognitif, pada diagnostik kognitif siswa diminta melakukan tes mengenai teks tanggapan baik diawal dan diakhir pembelajaran dengan dua tingkat soal yang berbeda tahap pertama untuk melihat siswa dapat berhasil atau tidak melewati passing grade, jika tidak berhasil maka tahap berikutnya akan mendapat tingkat soal yang lebih tinggi. Kesimpulan penelitian dari penerapan asesmen diagnostik dalam pembelajaran pada materi teks tanggapan dikelas VII menunjukkan bahwa dalam penerapan asesmen diagnostik diterapkan dengan baik oleh guru, hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Hal tersebut terlihat pada proses pembelajaran, guru melakukan langkah-langkah asesmen sesuai dengan panduan dari kemendikbudristek No.56 tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kata Kunci : Asesmen diagnostik, teks tanggapan


Full Text:

PDF

References


Aiken, Lewis R. (1997). Psychological Testing and Assesment. London: A. Viacom Company.

Arini. W.O.M. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Tongkuno. Muna Sulawesi Tenggara.

Angyanur. D. Dkk. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Gaya Belajar Siswa di MI/SD. Kutai Timur. Indonesia.

Indonesia. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 4301 Sekretariat Negara.

Jakarta. https://pusdiklat.perpusnas.go.id

Indonesia. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional PendidikanTinggi. https://lldikti13.kemdikbud.go.id

Rijal, F. M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Journal UNY. 2(1) hlm 33-54




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11141

Article Metrics

Abstract - 26 PDF - 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats