ANALISIS DISFEMIA DALAM NOVEL LAUT TENGAH KARYA BERLIANA KIMBERLY

Sulthaanika Ferdy Syahwardi, Dase Erwin Juansah, Erwin Salpa Riansi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa disfemia pada novel Laut Tengah karya Berliana Kimberly. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini menggunakan novel Laut Tengah karya pertama yang ditulis oleh Berliana Kimberly yang terbit tahun 2022 dengan jumlah halaman 352. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukan dari data yang dianalisis penggunaan bahasa disfemia pada novel Laut Tengah karya Berliana Kimberly ditemukan data sebanyak 18 data yaitu disfemia dalam bentuk kata sebanyak 3 data, disfemia dalam bentuk frasa sebanyak 9 data, disfemia dalam bentuk klausa sebanyak 1 data dan disfemia dalam bentuk kalimat sebanyak 7 data. Pengunaan disfemia yang dilakukan oleh pengarang untuk menguatkan makna yang diceritakan dalam sebuah novel.

Kata Kunci : disfemia, novel Laut Tengah


Full Text:

PDF

References


Butar. (2021). Semantik. UMSU Press: Medan.

Ediwarman. (2022). Riset Pengembangan Kualitatif. Serang: Media Edukasi Indonesia.

Farida, I. N., Laksana, I. K. D., & Putrayasa, I. G. N. K. (2022). Disfemia dalam Kolom Komentar Akun Youtoube Najwa Shihab.Journal of Indonesian Language and Literature Vol, 1(02), 12-25.

Ibrahim, S. (2015). Analisis gaya bahasa dalam kumpulan novel Mimpi Bayang Jingga karya Sanie B. Kuncoro. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3), 35-57.

Kimberly, B. (2022).Laut Tengah. Depok: Akad Media Cakrawala.

Khaeriyah, K., & Dewi, M. S. (2023). Disfemia dalam Kolom Komentar Akun

Instagram Aboutting_Official Kasus Pembuangan Bayi di Wilayah Banten. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 271-279.

Moleong, .Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (ketiga pul). PT Remaja Rosdakarya.

Rohayati, F., Basuki, R., & Diani, I. (2020). Kajian Bahasa Disfemia pada Kolom Komentar Netizen di Instagram. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 18(2), 143-150.

Ulum, D. E. L., & Kusmanto, H. (2018). Disfemia pada Komentar Akun Instagram Mimi. Peri. Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (SEMNAS KBSP) V 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11146

Article Metrics

Abstract - 36 PDF - 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats