ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SISWA SMAN 8 MUARO JAMBI

Sintia Ramadanti, Akhyaruddin Akhyaruddin, Andiopenta Purba

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maksim kesantunan berbahasa dalam proses belajar mengajar siswa SMAN 8 Muaro Jambi. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah guru dan siswa di SMAN 8 Muaro Jambi. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan guru Bahasa Indonesia dalam mengajar Bahasa Indonesia di kelas XI SMAN 8 Muaro Jambi sudah santun yang terbukti dari pematuhan maksim kesantunan barbahasa. Namun tuturan siswa kelas XI SMAN 8 Muaro Jambi pada pembelajaran Bahasa Indonesia belum santun yang terbukti dari banyak pelanggaran maksim kesantunan berbahasa yang dilanggar siswa selama proses pembelajaran berlangsung baik pada guru maupun sesame siswa.

Kata kunci: Analisis, Kesantunan Berbahasa, Maksim


Full Text:

PDF

References


Akhyaruddin, & Priyanto. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Debat Publik Calon Bupati Kabupaten Kerinci Tahun 2018. PENA: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17637

Akhyaruddin, Priyanto, & Agusti, A. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Debat Publik Calon Bupati Kabupaten Kerinci Tahun 2018. Jurnal Pena, 7(2).

Akhyaruddin, & Yusra, H. (2021a). Penerapan Prinsip Sopan santun dan Prinsip Kerja Sama dalam Debat sebagai Strategi Komunikasi Politik. Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2).

https://doi.org/https:doi.org/10.31932/jpbs.v6i2.1433

Akhyaruddin, & Yusra, H. (2021b). Penerapan Prinsip Sopan Santun dan Prinsip Kerja Sama dalam Debat sebagai Strategi Komunikasi Politik. Jurnal Kansasi, 6(2).

Gusbella, F., Akhyaruddin, & Yusra, H. (2022). Tindak Tutur Ekspresif antara Guru Mata Pelajaran dan Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 6(1).

Kartina, I. (2021). Kesantunan Berbahasa dalam Konten Konten Vlog Youtube Sherly Annanvita Rahmi (Deskripsi Terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Sosial). Jurnal Diksatrasia, 5(1).

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia.

Maharani, Sinaga, A., & Akhyaruddin. (2022). Prinsip Sopan Santun Guru dalam Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas di Kelas VII A SMPN 16 Kota Jambi. SIBATIK JOURNAL, 1(10).

Oktavia, N., & Akhyaruddin. (2022). Tindak Tutur Asertif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. STKIP PGRI Jombang, 3(2).

Rahardi, K. (2016). Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Wadji, M. (2013). Sistem Kesantunan Masyarakat Tutur Jawa. Jurnal Linguistik, 20(3).

Wijaya, Akhyaruddin, & Yusra, H. (2022). Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMPN 7 Muaro Jambi. Diglosia, 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11149

Article Metrics

Abstract - 14 PDF - 10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats