ANALIS WACANA KRITIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SARA MILLS

Hibah Hidayat, Imam Suwardi Wibowo, Priyanto Priyanto

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perempuan ditampilkan dalam pemberitaan di media MetroIndonesia.Co, MetroJambi.com, TribunJambi.Com, dan JambiIndependent.Co.Id. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Analisis Wacana Kritis (AWK) menggunakan model analisis Sara Mills. Data dalam penelitian yakni posisi subjek, posisi objek dan posisi pembaca. Sumber data dalam penelitian adalah teks berita MetroIndonesia.Co, MetroJambi.com, TribunJambi.Com, dan JambiIndependent.Co.Id. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Peneliti menggunakan uji validitas data triangulasi teori. Data yang diperoleh peneliti, dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis wacana dari empat teks berita mengenai kasus pernikahan sesama jenis di Jambi dikutip dari pemberitaan MetroIndonesia.Co, MetroJambi.com, TribunJambi.Com, dan JambiIndependent.Co.Id. yang diposisikan sebagai subjek adalah korban atau perempuan. Sementara yang menjadi objek dalam wacana dari ke empat berita tersebut adalah pelaku atau pihak yang melakukan penipuan identitas dan materi kepada korban. Wacana tersebut menunjukkan adanya keberpihakan penulis terhadap korban, sementara pelaku tidak memperoleh suara dalam pandangan masyarakat, hal ini karena penulis hanya menampilkan pemberitaan dari sudut pandang korban.

 

Kata kunci: wacana, Sara Mills, teks berita


Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. N. A. (2019). Analisis wacana sara mills tentang kekerasan perempuan dalam rumah tangga studi terhadap pemberitaan media kumparan. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 101-120.

Achmad, S. (2019). Membangun pendidikan berwawasan gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70-91.

Ahsin, M. N., & Nugraheni, M. W. (2022). Analisis Sara Mills dalam Pemberitaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Riau Pada Berita CNNindonesia. com. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia, 7(1), 119-135.

Andrianto, T., Ariyanti, F., Prasiska, D. W., & Prabawa, A. H. (2019, October). Analisis wacana kritis pada iklan rokok Djarum 76. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 121-127).

Anggraini, N. S. (2022). Analisis Wacana Feminisme Dalam Teks Berita Tabloid Nova. Hasta Wiyata, 5(1), 43-48.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.

Meilani, H., Surip, M., & Dalimunthe, S. F. (2022). Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills Terhadap Berita 3 Pria Sekap Dan Perkosa Santriwati Magelang Berawal Kenal Di Media Sosial. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 388-391.

Puteri, A., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Wacana Berita Kekerasan Terhadap Perempuan Dalam Media Daring Jambimetro.Com (Analisis Wacana Kritis Perspektif Sara Mills). Kajian Linguistik dan Sastra, 5(1), 74-81

Santi, N., & Yanti, R. A. (2020). Analisis Wacana Kritis Teks Berita Kriminal Dalam Koran Sumatera Ekspres Edisi Mei 2020 (Teori Roger Fowler). Dialektologi, 5(02), 34-47.

Silaswati, D. (2019). Analisis Wacana Kritis dalam Pengkajian Wacana. METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 1-10.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winarno, M. E. (2018). Buku Metodologi Penelitian. Malang. UNIVERSITAS.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i1.11161

Article Metrics

Abstract - 16 PDF - 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats