RESPON MAHASISWA MENGENAI PENGGUNAAN PLATFORM MEDIA BERBASIS TEKS SEBAGAI IMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Anggoro Abiyyu Ristio Cahyo, Anas Ahmadi, Resdianto Permata Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui respon mahasiswa mengenai penggunaan platform media berbasis teks sebagai implementasi keterampilan menulis mahasiswa Pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2023 di Universitas Negeri Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu hasil survei mahasiswa Pascasarjana jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2023 di Universitas Negeri Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dan teknik simak catat. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform media berbasis teks, seperti media sosial, forum diskusi, dan layanan blog memiliki potensi yang beragam dalam mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa. Penggunaan platform belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh semua responden, sebagian besar menilai platform tersebut efektif dalam membantu pengembangan kemampuan menulis responden. Penggunaan platform media berbasis teks, seperti blog, forum diskusi, dan media sosial yang berfokus pada tulisan, memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Platform ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengekspresikan ide, berbagi pandangan, dan berlatih menyusun argumen secara tertulis. Melalui interaksi dengan pembaca dan penulis lain, mahasiswa dapat menerima umpan balik yang konstruktif, yang membantu mereka memperbaiki gaya penulisan, tata bahasa, dan struktur narasi.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, mahasiswa, platform media, teks


Full Text:

PDF

References


Afandi, F. (2024). Peran Komunikasi Efektif bagi Mahasiswa dalam Membangun Hubungan yang Baik dan Berkelanjutan. Jurnal Media Akademik, 2(1), 228–241.

Ahmadi, A. (2021). Teachers as ethnographers: Narrative study of inquiry of Indonesian teachers assigned to teach in remote areas. European Journal of Educational Research, 10(1), 115–126. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.115

Ahmadi, A., Sodiq, S., Setiawan, S., Pratiwi, Y., & Reny Hariyati, N. (2019). Learning Writing through Psychowriting Perspective. Advances in Language and Literary Studies, 10(1), 4. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.10n.1p.4

Ais, I. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493

Anderson, T., & Rivera-Vargas, P. (2020). A critical look at educational technology from a distance education perspective. Digital Education Review, 37, 208–229. https://doi.org/10.1344/DER.2020.37.208-229

Andriana, W. D., Ahmadi, A., & raharjo, R. P. (2024). Pemanfaatan Novel Berbasis Digital Sebagai Tolok Ukur Literasi Siswa SMKN 2 Probolinggo. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 31–43.

Andriana, W. D., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Buku Dongeng Cinta Budaya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( BIPA ) Universitas Negeri Surabaya Universitas Negeri Surabaya Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia mengembangkan program Baha. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 53–71.

Andriana, W. D., & Turistiani, T. D. (2023). Ketidakefektifan Kalimat dalam Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMPN 27 Gresik. Jurnal Bapala, 10(2), 231–241.

Asyifa, N. F., Adinda, M. A. A., Anindita, F. A., Ardipratiwi, L., & Sukasih, S. (2023). Analisis Pemanfaatan Surat Dinas Dan Surat Pribadi Dalam Keseharian: Memahami Dinamika Komunikasi Tulis Sebagai Cerminan Interaksi Manusia. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(2), 81–90.

Baharuddin, B., & Hatta, H. (2024). Transformasi Manajemen Pendidikan: Integrasi Teknologi dan Inovasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7535–7544.

Barrot, J. S. (2022). Social media as a language learning environment: a systematic review of the literature (2008-2019). Computer Assisted Language Learning, 35(9), 2534–2562. https://doi.org/10.1080/09588221.2021.1883673

Bisri, H. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa di Era Digital. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(3), 454–474.

Cahyo, A. A. R. (2024). Altruisme dalam Novel Permulaan Sebuah Musim Baru di Suriname Karya Koko Hendri Lubis (Perspektif Psikologi Sosial). Lingua Rima, 13(1), 125–138.

Cahyo, A. A. R., & Indarti, T. (2023). Representasi Lingkungan Kelautan dalam Novel Serdadu Pantai Karya Laode Insan (Kajian Ekokritik Greg Garrard). Bapala, 10(1), 173–183.

Cahyo, A. A. R., Rengganis, R., & Sudikan, S. Y. (2024). Eksploitasi Lingkungan dalam Novel Misteri Hilangnya Penyu di Pulau Venu Karya Wini Afiati (Perspektif Ekokritik Greg Garrard). Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 22(2), 99–112.

Cahyo, A. A. R., Suhartono, S., & Yuniseffendri, S. (2024). Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif dalam Gelar Wicara di YouTube Gita Wirjawan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 241–256.

Cahyo, A. A. R., Suyatno, S., & Mulyono, M. (2024). Unsur Kebudayaan dalam Novel Misteri Pantai Mutiara Karya Erlita Pratiwi dan Implikasinya Terhadap Media Pembelajaran BIPA. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 64–76.

Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Dengan Ape Dadu Cerdas. Jurnal Mentari, 1(2), 94–102.

Fahrina, Y. L. (2023). Revolusi Digital dan Merdeka Belajar: Meningkatkan Daya Saing Siswa di Era Teknologi. Journal Innovation In Education, 1(3), 221–231. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i3.284

Febriani, S. R., & Mahmudi, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dan Independen Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 59. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.371

Firdausi, R., Mardikawati, B., Huda, N., Riztya, R., & Rahmani, S. F. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dikalangan Pelajar: Pengenalan Dan Praktek Penggunaan Teknologi Pendidikan Dalam Komunikasi. Communnity Development Journal, 4(5), 10815–10824.

Habsy, B. A., Fitriano, L., Sabrina, N. A., & Mustika, A. L. (2023). Tinjauan Literatur Teori Kognitif dan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Tsaqofah, 4(2), 751–769. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i2.2358

Hafizd, J. Z. (2022). Implementasi Peran Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Melalui Karya Tulis Ilmiah. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 175–184.

Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Handayani, B. S., Purnomo, D., & Ariyanto, L. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 520–526. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.8085

Hikma, N., Santoso, A., & Zahro, A. (2024). Pemanfaatan Media Wordwall Berbantuan Anagram dalam Meningkatkan Imajinasi Keterampilan Menulis Teks Fantasi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(4), 4060–4069.

Insani, A. A., Sholehuddin, M. S., & Khobir, A. (2024). Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pemikiran Konstruktivisme Jean Piaget Dalam Pendidikan Islam. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 83–86.

Khairun, N., Syafitri, E., Wulandari, S., Sugesti, P., & Indria, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT Mahasiswa FKIP Universitas Asahan. Geram, 11(2), 43–54. https://doi.org/10.25299/geram.2023.vol11(2).14934

Moudizka, K. D., Suyatno, S., & Indarti, T. (2024). Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Web Berbasis Model Pembelajaran SAVI Untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng Pada Mahasiswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 11–19.

Mubarokah, L., Azizah, U. N., Riyanti, A., & Nugroho, B. N. (2021). Pentingnya Inovasi Pendidik untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(9), 1349–1358. https://doi.org/10.47387/jira.v2i9.224

Muzaini, M. C., Prastowo, A., & Salamah, U. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam di Abad 21. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 70–81. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.214

Najihah, M., Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 45–59.

Nasir, M. A. (2022). Teori Konstruktivisme Piaget : Implementasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis. JSG: Jurnal Sang Guru, 1(3), 215–223.

Nazari, N., Shabbir, M. S., & Setiawan, R. (2021). Application of Artificial Intelligence powered digital writing assistant in higher education: randomized controlled trial. Heliyon, 7(5), e07014. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07014

Novitasari, D., Listiani, I., & Prasasti, P. A. T. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1586. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2617

Nurhayati, S., Mutmainnah, S., Surya Saputra, M. A., & Fitriyah, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Editorial dan Opini pada Siswa SMA/SMK. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.29407/jbsp.v7i2.20393

Palyanti, M. (2022). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam mata Kuliah Bahasa Indonesia. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.

Pinto, M., & Leite, C. (2020). Digital technologies in support of students learning in higher education: Literature review. Digital Education Review, 37, 343–360. https://doi.org/10.1344/DER.2020.37.343-360

Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875

Qazi, A., Hardaker, G., Ahmad, I. S., Darwich, M., Maitama, J. Z., & Dayani, A. (2021). The Role of Information Communication Technology in Elearning Environments: A Systematic Review. IEEE Access, 9, 45539–45551. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3067042

Rachmi, R., Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Jurnal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.

Rehalat, A. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Pemanfaatan Kantin Sekolah Di SMA Muhammadiyah Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(1), 366-373–366–373. https://doi.org/10.29408/jpek.v8i1.25403

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.562

Riyanti, A., & Lapasau, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Digital dalam Menulis Artikel Populer. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 22–31.

Selvia, B. F., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengaruh Metode Show Not Tell Dan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas V Gugus 5 Desa Setiling. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 32–38. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1822

Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477.

Syazali, M., & Umar, U. (2022). Implementasi Template dan Contoh Makalah: Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6039–6045.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.

Vlasenko, K. V., Volkov, S. V., Lovianova, I. V., Sitak, I. V., Chumak, O. O., & Bohdanova, N. H. (2023). Exploring usability principles for educational online courses: a case study on an open platform for online education. Educational Technology Quarterly, 2023(2), 173–187. https://doi.org/10.55056/etq.602

Widhiyanto, R., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berwawasan Kebinekaan Global. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(1), 151–162. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.918

Wulandari, W. (2023). Efektivitas Metode Mengajar yang Variatif dalam Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Inggris. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 263–267.

Zhang, R., & Zou, D. (2022). Types, purposes, and effectiveness of state-of-the-art technologies for second and foreign language learning. Computer Assisted Language Learning, 35(4), 696–742. https://doi.org/10.1080/09588221.2020.1744666




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.11398

Article Metrics

Abstract - 258 PDF - 436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats