TRADISI “PEH CUN” SEBAGAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MATERI TEKS CERITA FANTASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP
Abstract
Kepedulian terhadap budaya lokal dan lingkungan sekitar merupakan salah satu tujuan mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka demi melahirkan karakter peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Oleh karena itu, mengintegrasikan kearifan lokal adalah salah satu upaya dalam mengembangkan profil pelajar pancasila. Kearifan lokal tentang tradisi “Peh Cun” adalah perayaan yang biasa dilakukan oleh etnis Cina di kota Tangerang. Tradisi “Peh Cun” ini dapat menjadi alternatif bahan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks cerita fantasi, karena bahan ajar yang baik itu adalah bahan ajar yang relevan dengan kurikulum merdeka dan sesuai dengan lingkungan serta budaya setempat. Selain itu, alasan tradisi “Peh Cun” sebagai kearifan lokal perlu diintegrasikan dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia juga karena mengandung nilai-nilai yang mampu memupuk dan menumbuhkembangkan rasa cinta para peserta didik terhadap potensi daerah, membantu melestarikan budaya lokal dan lingkungan. Lingkungan dalam hal ini adalah adat istiadat/tradisi/kebiasaan masyarakat setempat.
Kata kunci: cerita fantasi, kearifan lokal, kurikulum merdeka, peh cun
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 18(1), 84–99. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/view/13585
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2015). The Insertion of Local Wisdom into Instructional Materials of Bahasa Indonesia for 10th Grade Students in Senior High School. Journal of Education and Practice, 6(33), 89–92.
Arianti, D. (2021). Kearifan Lokal Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Linguistik : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(1), 115–123. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik/article/view/3722
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Harsiati, T., Trianto, A., & Kosasih, E. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia SMP Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka.
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Mahsun. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Rajawali Pers.
Negara, A. F., Purnomo, E. M., & Suhendi, D. (2018). Pengembangan Modul Persiapan Berdebat Menggunakan Pendekatan Pedagogi Genre Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Kayuagung. Seminar Nasional Unsri, 108–124.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. BASICEDU, 6(4), 6313–6319.
Rosdiana, R., & Mukhtar, H. (2016). Penerapan Pedagogi Genre dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge. Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya, 334–339.
Rosyadi. (2010). Festival Peh Cun, menelusuri tradisi etnis Cina di Kota Tangerang. Patanjala, 2(1), 18–34.
Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11613
Article Metrics
Abstract - 1867 PDF - 899Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.