CANDI PRAMBANAN SEBAGAI BAHAN AJAR BIPA DALAM MENDUKUNG INTERNASIONALISASI BAHASA INDONESIA

Arif Wahyu Nugroho, Fatmawati Fatmawati, Ivana Magdalena, Nova Putri Ramadhani, Selvina Dewi Anggraini, Kundharu Saddhono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bahan ajar BIPA dengan fokus pada tema Candi Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Sumber data penelitian ini yaitu terkait dengan bahan ajar BIPA dengan topik Candi Prambanan, jurnal ilmiah dan referensi rujukan lainnya. Hasil kajian yaitu Materi ajar ini mencakup sejarah, arsitektur, dan berbagai pertunjukan seni di Candi Prambanan, serta termasuk latihan keterampilan berbahasa seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Bahan ajar ini juga mengintegrasikan dua elemen budaya Indonesia yang unik, yaitu legenda Candi Prambanan dan pertunjukan Sendratari Ramayana. Legenda Candi Prambanan memberikan pesan moral tentang kejujuran dan konsekuensi dari tindakan curang, sementara Sendratari Ramayana memperkenalkan kosakata, frasa, dan konsep-konsep bahasa Indonesia melalui narasi dan gerakan tari yang bermakna. Dengan menggabungkan cerita legenda dan seni pertunjukan tradisional, pembelajaran BIPA dapat menjadi lebih menarik dan mendalam. Para pembelajar tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga memahami dan mengapresiasi budaya Indonesia secara holistik. Integrasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa dan memperkaya pemahaman mereka tentang budaya Indonesia.

 

Kata kunci: BIPA, bahan ajar, Candi Prambanan


Full Text:

PDF

References


Alam, G. N., Mahyudin, E., Affandi, R. N., Dermawan, W., & Azmi, F. (2022). Internasionalisasi Bahasa Indonesia di Asean: Suatu Upaya Diplomatik Indonesia. Jurnal Dinamika Global, 7(01), 25–53. https://doi.org/10.36859/jdg.v7i01.1039

Arumdyahsari, S., Hs, W., & Susanto, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 828–834.

Arwansyah, Y. B., Suwandi, S., & Widodo, S. T. (2017). Revitalisasi Peran Budaya Lokal Dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Proceedings Education And Language International Conference, 1(1).

Gunawan, F. A., Marlina, A. D., Nugroho, A. W., Mardani, A. N., & Saddhono, K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Kuliner “Nasi Goreng” untuk Mahasiswa Yale University, Amerika Serikat. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 1(4), 20–30.

Khansa, N. M. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 9(1), 1–8.

Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).

Muzaki, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(02).

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).

Nurhuda, P., Sulistyaningrum, S. D., & Muliastuti, L. (2023). Strategi internasionalisasi bahasa Indonesia melalui program BIPA. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(1), 78–90.

Nurpratiwiningsih, L., & Maknun, M. J. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Bagi Masyarakat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 43–48.

Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstualkomunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342–353.

Prasetiyo, A. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Jawa Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 11(1).

Proklawati, D., Roekhan, R., & Susanto, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA: Membaca untuk Pemula Bermuatan Budaya Jawa Timur. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 17–23.

Rahaya, I. S., & Sahidillah, M. W. (2022). Pemanfaatan Nilai Budaya Legenda Rawa Pening sebagai Bahan Ajar BIPA. Jurnal Digdaya, 1(1), 29–34.

Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Dalam Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia pada era globalisasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 156–163.

Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya Bagi Penutur Asing (BIPA). Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1 Januari).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11662

Article Metrics

Abstract - 624 PDF - 1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats