PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN DIFERENSIASI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) memberikan pemahaman kepada guru tentang konsep asesmen diagnostik dalam pembelajaran berbasis pendekatan berdiferensiasi, 2) memberikan pemahaman kepada guru tentang konsep pembelajaran berbasis pendekatan berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka, dan 3) memberikan pemahaman kepada guru tentang langkah-langkah pembelajaran berbasis pendekatan diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian study kasus yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara kepada dua orang guru di jenjang SMP dan SMA. Penelitian ini didasari temuan adanya guru yang belum memahami konsep asesmen diagnostik, konsep pembelajaran berbasis pendekatan diferensiasi, dan langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis pendekatan diferensiasi. Berdasarkan hasil temuan tersebut, peneliti memaparkan tentang konsep asesmen diagnostik, konsep pembelajaran berbasis pendekatan diferensiasi, dan langkah-langkah dalam pembelajaran diferensiasi.
Kata Kunci: pembelajaran, pendekatan diferensiasi
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek RI.
Estetis, Eka Nur., dkk. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Keberagaman Peserta Didik di Smp Negeri 6 Kisaran. Linguistik : Jurnal Bahasa & Sastra. Vol.9 No.1 Januari-Maret 2024. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Linguistik
Idamayanti, Reski., dkk. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar Nasional Paedagoria Universitas Muhammadiyah Mataram. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10065
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum.
Magee, M., & Breaux, E. (2013). How The Best Teachers Differentiate Instruction. New York: Routledge.
Maryam, Atik Siti. (2021). Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Rahayu, Siti., dkk. (2023). Lokakarya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Guru SMP di Kabupaten Pringsewu. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 7, No 1 (2023). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/2025
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI). Vol 1 No. 2 Hal 80-94
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment And Student Success In A Differentiated Classroom. VA: ASCD.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i2.11913
Article Metrics
Abstract - 1607 PDF - 2364Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.