IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 11 Palembang ditinjau dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan asesmen pembelajaran. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang merupakan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 10 dan kelas 11. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 11 Palembang sudah berjalan dengan baik. Guru-guru di sekolah tersebut telah memahami dengan baik konsep kurikulum merdeka belajar dan mampu merancang pembelajaran yang sesuai prinsip kurikulum merdeka belajar. Selain itu, sekolah juga telah menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai untuk mendukung penerapan tersebut. Akan tetapi, masih terdapat beberapa aspek yang ditingkatkan, seperti variasi metode pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi.
Kata kunci: kurikulum merdeka belajar, pembelajaran bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Anwar, S. (2020). “Tantangan Dan Peluang Kebijakan ‘ Merdeka Belajar ’ Sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Era Society 5 . 0 Challenges and Opportunities for the " Merdeka Belajar " Policy as the Government's Effort in Response to the Society 5 . 0 Era.” Webinar Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 101–7.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Netty, H., dan Turnip, H. (2022). “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum merdeka belajar.” Mahesa Centre Research 1(1):80–86. doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.
Melani, A., dan Gani, E. (2023). Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities 1(2):23–32. doi: 10.59687/educaniora.v1i2.28.
Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan 15(1):63. doi: 10.20961/pknp.v15i1.44901.
Siahaan, R. Y. K. P. (2022). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Pendistra 5(2):94–98.
Warastri, N. T. (2023). Tantangan Dan Upaya Guru Profesional Di Era Revolusi 5.0. Pusat Publikasi S-1 Pendidikan IPS FKIP ULM : Seri Publikasi Pembelajaran 1(1):1–4.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.12243
Article Metrics
Abstract - 567 PDF - 457Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.